Mikrotik rb750 sebagai router dialup speedy

Mikrotik punya kelebihan sendiri dalam hal dialup internet. Fasilitas PPPoEnya telah dikemas dengan sangat baik sehingga proses setting bisa dilakukan dengan cepat. Disamping itu proses dialup nya sendiri juga sangat cepat. Paling tidak jika dibandingkan dengan Dialup dari PC bahkan dari modem sendiri mungkin para pengguna jaringan memanfaatkan metoda ini supaya memudahkan dalam pengontrolan dari luar jaringan/ jarak jauh. hal-hal yang harus anda persiapkan yaitu :
Setting modem dengan mode bridge,
dimana settingan modem speedy ini akan terkoneksi dengan router telkom apabila terjadi dial dari client. dalam hal ini setelah anda melakukan perubahan setting pada modem lakukan pengujian dengan menggunakan pc anda apakah settingan modem sudah berjalan dengan baik (dialup modem dari pc windows)
Buka Winbox, kita akan mulai setting PPPoE-Client mikrotik.
Login ke Winbox, masukkan ip address Anda, dalam hal ini IP mikrotik dari LAN. Dalam contoh saya memakai 0.0.0.0 Masukkan juga username dan password.
Dari tampilan utama, pilih menu PPP untuk mengakses halaman berikut Klik tanda + untuk menambahkan PPPoE Client dari box PPP, kemudian pilih menu PPPoE Client
Maka akan muncul box New Interface, kemudian pada tab General di field Name kita beri nama
koneksi PPPoE tersebut dalam artikel ini menggunakan nama “pppoe-speedy”. Pilih “interface” yang Anda gunakan (yaitu Interface Ethernet yang tersambung ke modem ADSL). Dalam contoh kasus di sini, saya pilih ethernet dengen IP 192.168.1.2.
Tetap dalam New Interface, pilih tab Dial Out. Masukkan username dan password account speedy (username dan password yang diberi oleh telkom). Biarkan setting lainnya dalam keadaan default. Pastikan Anda mencontreng pilihan Add Default Route di bawah ini. Klik OK untuk mengaktifkan setting yang baru kita buat. Selanjutnya diamkan sejenak dan tunggu Mikrotik tugasnya melakukan untuk dial ke speedy. Jika setting kita sudah benar maka muncul hasil setup kita sebelumnya. Jika kita perhatikan, kolom uptime akan berjalan dan menghitung durasi koneksi speedy.
Untuk melakukan cek, silakan buka terminal dan lakukan ping ke dns atau ke www.google.com , masukkan alamat yang akan diping.
berikutnya anda setting client (PC) silahkan masukan IP pada PC anda melalui port / interface ethernet yang ke 2 dimana ethernet tersebut sudah anda setting master port pada ethernet yang terkoneksi dengan modem... selamat mencoba..!