Couch : Suparman, M.Si
Mentor : Syaiful Ikram, MM
Penyaji : Amat Safi'i
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Diklat Prajabatan Golongan III yang dilaksanakan oleh Badan
Kepagawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2015 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam
rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika para Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara, disamping pengetahuan dasar tentang sistem
penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar
mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan public, Pelaksana kebijakan, perekat dan
pemersatu bangsa.
Undang-undang
No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengamanatkan Instansi Pemerintah
untuk wajib memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terintegrasi bagi
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama 1 (satu) tahun percobaan. Tujuan dari
diklat terintegrasi adalah untuk membangun moral, kejujuran, semangat dan
motivasi nasionalisme dan kebangsaan, kepribadian yang unggul dan
bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.
Dengan demikian Undang-Undang ASN mengedepankan nilai-nilai dan pembangunan
karakter dalam membentuk PNS.
Proses
menjadikan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat
tidaklah mudah. Hal ini tentu membutuhkan peningkatan kapabilitas dan
kredibilitas aparaturnya. Para aparat negara haruslah menyadari tanggung jawab
dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Menciptakan sumber daya aparatur yang
bermutu dimulai dengan pemahaman para aparat akan nilai-nilai baik yang harus
muncul dalam setiap pelakasanaan tugasnya. Nilai-nilai yang baik tersebut telah
tertera pada UU no. 5 tahun 2014 tentang ASN. Nilai-nilai dasar ASN
(Aparatur Sipil Negara) yang tertuang pada UU tersebut adalah ANEKA
(Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi).
|
B.
Maksud dan Tujuan Aktualisasi Nilai-nilai
Dasar Profesi PNS.
Maksud
diaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS adalah untuk memberntuk PNS yang
professional yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh nlai-nilai dasar profesi
PNS, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai
pelayan masyarakat yang prima.
Adapun tujuan Aktualisasi
Nilai-nilai Dasar Profesi PNS yang penulis laksanakan di Dinas Perhubungan,
Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti adalah:
1.
Mampu Menerapkan Nilai-nilai akuntabilitas
sehingga memiliki tanggung jawab dan integritas terhadap apa yang dikerjakan.
2.
Mampu Menerapkan Nilai-nilai Nasionalisme
sehingga bekerja atas dasar semangat nilai-nilai Pancasila.
3.
Mampu Menerapkan Nilai-nilai Etika Publik
sehingga menciptakan lingkungan kerja dan masyarakat yang harmonis.
4.
Mampu Menerapkan Nilai-nilai Komitmen Mutu
sehingga mewujudkan pelayanan yang prima terhadap organisasi maupun masyarakat.
5.
Mampu Menerapkan Nilai-nilai Anti korupsi
sehingga bisa mewujudkan sikap disiplin maupun menjaga kedisiplinan.
C. Gambaran Umum Instansi.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti
Nomor 20 Tahun 2012, tentang Pembentukan Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok
Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kedudukan Dinas Daerah merupakan unsur pelaksana Otonomi Daerah dipimpin oleh
seorang Kepala yang berada dibawah yang bertanggungjawab kepada Bupati melalui
Sekretaris Daerah. Tugas pokok Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten
Kepulauan Meranti adalah :
”Melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan
tugas pembantuan dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika”.
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Dinas
Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai
fungsi sebagai berikut :
1. Perumusan Kebijakan teknis dibidang Perhubungan, Komunikasi dan
Informatika.
2. Penyelenggaraan
urusan Pemerintahan dan pelayanan umum dibidang Perhubungan, Komunikasi dan
Informatika.
3. Pembinaan
dan pelaksanaan tugas dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.
4. Pelaksanaan
tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Untuk dapat menjalankan tugasnya, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti membawahi 1
(satu) Sekretariat, dan 3 (tiga) Bidang, dengan susunan struktur organisasi
sebagai berikut :
1. Kepala Dinas
2. Sekretaris, dibantu oleh ;
a.
Sub Bagian
Perencanaan dan Program
b.
Sub Bagian Keuangan
c.
Sub Bagian
Administrasi Umum
3. Bidang Perhubungan Laut, dibantu oleh ;
a.
Seksi
Fasilitas Perhubungan Laut
b.
Seksi
Lalu Lintas, Angkutan Laut dan Kepelabuhanan
c.
Seksi
Keselamatan dan Pengawasan Perhubungan Laut
4. Bidang Perhubungan Darat dan Udara, dibantu oleh ;
a.
Seksi
Fasilitas Perhubungan Darat dan Udara
b.
Seksi
Lalu Lintas dan Angkutan Perhubungan Darat dan Udara
c.
Seksi
Keselamatan dan Pengawasan Perhubungan Darat
5. Bidang
Komunikasi dan Informatika, dibantu oleh ;
a.
Seksi
Komunikasi dan Informatika
b.
Seksi
Prasarana Komunikasi dan Informatika
6. UPTD ;
7. Kelompok
Jabatan Fungisonal.
Gambar 1.
Struktur Organisasi DISHUBKOMINFO Kab. Kepulauan Meranti
BAB II
RANCANGAN AKTUALISASI
A.
Konsep Aktualisasi
Berdasarkan lima nilai
dasar ANEKA yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan
Anti Korupsi yang harus ditanamkan kepada setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Berikut ini penjelasan beberapa nilai
dasar tersebut :
1.
Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah prinsip dasar dalam memberikan
pertanggung jawaban bagi setiap institusi maupun individu. Akuntabilitas merujuk pada kewajiban setiap individu, kelompok atau institusi
untuk memenuhi tanggung jawab yang menjadi amanahnya. Amanah seorang PNS adalah
menjamin terwujudnya nilai-nilai publik diantaranya mampu mengambil pilihan
yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentingan, antara kepentingan
publik dengan kepentingan kelompok/pribadi, Memiliki pemahaman dan kesadaran
untuk menghindari dan mencegah keterlibatan PNS dalam politik praktis.
Memperlakukan warga negara secara sama dan adil dalam penyelenggaraan
pemerintahan dan pelayanan publik,
Menunjukan sikap dan perilaku yang konsisten dan dapat diandalkan
sebagai penyelenggara pemerintahan.
2.
Nasionalisme
Nasionalisme adalah pondasi bagi Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan
fungsi dan tugasnya dengan orientasi mementingkan kepentingan publik, bangsa dan negara.
3.
Etika Publik
Merupakan refleksi atau standar tindakan keputusan, perilaku untuk
mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab penilaian
publik. Nilai dasar etika publik sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang
ASN, yakni memegang teguh nilai-nilai dalam Ideologi Negara Pancasila, menjalankan tugas secara
professional dan tidak berpihak, memberikan layanan kepada publik secara jujur,
tanggap, tepat, dan cepat.
4.
|
Target utama
aparatur yang berbasis komitmen mutu adalah mewujudkan kepuasan masyarakat yang
menerima layanan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya setiap aparatur
diharuskan mewujudkan sikap kreatif, inovatif, melayani dengan sikap hormat, bertutur kata sopan dan ramah, adil
dan tidak diskriminatif.
5.
Anti korupsi
Anti Korupsi adalah
tindakan atau gerakan yang dilakukan untuk memberantas segala tingkah laku atau
tindakan yang melawan norma-norma dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi,
merugikan negara atau masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.
Tindak pidana korupsi yang terdiri dari kerugian keuangan negara, suap-menyuap,
pemerasan, perbuatan curang, penggelapan dalam jabatan, benturan kepentingan
dalam pengadaan, dan gratifikasi.
B.
Rancangan Aktualisasi
Berikut ini
adalah beberapa rancangan kegiatan aktualisasi diri yang akan di
implementasikan di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepualaun
Meranti :
1. Kegiatan 1 : Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan
Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.
Table 2.1 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan
Kegiatan 1
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
|
Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat
Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun
2015.
|
Akuntabilitas
-
Tanggungjawab
|
Dalam melaksanakan tugas saya akan melaksanakan
dengan bertanggungjawab menggunakan teknik check in re-check
|
Nasionalisme
-
Koordinasi
|
Dalam menerima tugas saya akan melaksanakan dengan koordinasi
dengan teknik kolaborasi dengan instansi lain.
|
||
Etika Publik
-
Bertanggung jawab terhadap publik
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan
melaksanakan dengan bertanggungjawab terhadap publik dengan teknik komunikasi
efektif.
|
||
Komitmen Mutu
-
Efektif
-
Efisien
-
Mutu
-
inovasi
|
Untuk menghasilkan dokumen hibah saya mengupayakan
hasil yang efektif, efisien, mutu dan inovasi dengan teknik PDCA.
|
||
Anti Korupsi
-
Peduli
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan
menerapkan nilai peduli Dengan teknik pelaporan.
|
a.
Tabel 2.2 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 1.
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan
manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi
dan Informatika
|
|
Akuntabilitas
Dengan Teknik
Check in Re-Check
|
Dengan teknik check in-recheck saya akan
melaksanakan dengan langkah-langkah :
-
Menerima perintah atasan dengan tanggungjawab.
-
Kemudian saya akan membaca dan memahami format surat
yang diberikan.
-
Kemudian saya akan menyusun item-item yang akan
dimasukkan didalam surat hibah.
-
Jika sudah lengkap maka saya akan mencetak dokumen
dan melakukan pengecekan terhadap aturan tata naskah surat-menyurat.
-
Selanjutnya saya akan membaca kembali hasil dokumen
yang saya kerjakan, jika sudah benar dari segi tatanaskah selanjutnya akan
saya sampaikan kembali kepada atasan.
|
Nasionalisme
Dengan teknik
kolaborasi
|
Dengan teknik kolaborasi saya akan melaksanakan
dengan langkah-langkah :
-
Untuk memudahkan akses informasi terkait kegiatan,
saya akan menjalin hubungan komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait baik
melalui email maupun komunikasi langsung.
-
Saya akan mengumpulkan data-data dari instansi lain
yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
|
|
Etika Publik
Dengan teknik komunikasi efektif
|
Saya menggunakan teknik komunikasi efektif dalam
melaksanakan tugas dengan langkah-langkah :
-
Saya akan berkomunikasi secara efektif dalam
menyampaikan hasil pekerjaan kepada atasan untuk ditandatangani,
-
Selanjutnya saya akan meminta izin untuk
melaksanakan tugas lain sebelum meninggalkan ruangan atasan.
|
|
Komitmen Mutu
Dengan teknik PDCA
|
Dalam menyelesaikan tugas tersebut saya akan
menggunakan teknik PDCA dengan langkah-langkah :
-
“Plan” saya akan membaca dan memahami aturan-aturan dan
mengambil contoh dalam penyusunan tatanaskah tersebut.
-
“DO” saya akan memulai pekerjaan dengan mengacu pada contoh yang
diberikan.
-
“Check” saya akan melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan yang saya buat.
-
“Action” saya akan melaporkan kepada atasan bahwa pekerjaan
sudah selesai dan dokumen yang sudah di tandatangi akan saya scan menjadi
arsip elektronik.
|
|
Anti Korupsi
Dengan teknik pelaporan
|
Saya akan menggunakan teknik pelaporan dalam
melaksanakan tugas tersebut dengan langkah-langkah :
-
Saya akan menyampaikan kepada atasan jika ada
nilai-nilai didalam contoh naskah hibah terdapat kekeliruan atau tidak sesuai
dengan peraturan.
-
Saya akan melaporkan terkait perkembangan/atau
kendala-kendala yang dihadapi dalam tugas tersebut
|
|
Manfaat :
Dengan Menerapkan Nilai Aneka dalam
melaksanakan tugas tersebut akan menjalin hubungan yang harmonis antara staf
dengan atasan, serta meningkatkan kepercayaan atasan dalam memberikan tugas
kepada staf, sehingga akan menciptakan kondisi yang kondusif dalam organisasi.
|
2.
Kegiatan 2 : Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana
Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
a. Tabel 2.3 : Keterkaitan Nilai Dasar
dengan Kegiatan 2.
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
|
Menerima perintah atasan untuk
memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu
Kegiatan Tahun 2016
|
Akuntabilitas
-
Integritas.
-
Bertanggungjawab
|
Dalam melaksanakn tugas saya akan menerapkan nilai integritas
dan tanggungjawab dengan teknik cros check.
|
Nasionalisme :
-
Etos kerja yang positif
|
Dalam menerima tugas dari atasan untuk memperbaiki
Rencana kerja dan Anggaran Tahun 2016 saya akan menerapkan nilai etos
kerja yang positif dengan teknik
Teknik Motivasi.
|
||
Etika Publik
-
Bertanggungjawab terhadap publik
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan
menerapkan nilai bertanggungjawab terhadap publik dengan teknik
koordinasi.
|
||
Komitmen Mutu
-
Efektif
-
Efesien
-
Mutu
-
inovasi
|
Dalam menyelesaikan tugas tersebut secara efektif,
efisien, mutu dan invoasi saya akan menerapkan teknik PDCA.
|
||
Nasionalisme :
-
Etos kerja yang positif
|
Dalam menyelesaikan tugas dari atasan saya akan
menerapkan nilai etos kerja yang positif dengan teknik komunikasi
efektif.
.
|
||
Anti Korupsi :
-
Objektifitas
|
Dalam menyusun rancangan standarisasi warnet saya
akan menerapkan nilai objectifitas dengan imajinasi.
|
b. Tabel 2.4 : Teknik Aktualisasi Nilai
Dasar pada Kegiatan 2.
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi
nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas
Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
|
|
Akuntabilitas
Dengan Teknik Check in re-Check
|
Dengan menggunakan teknik check on re-check saya
akan melakukan dengan langkah-langkah :
-
Saya akan mencari point-point yang diperintahkan
untuk diperbaiki.
-
Kemudian saya akan menyesuaikan kode rekening
kegiatan sesuai aturan yang berlaku.
|
Nasionalisme
Dengan Teknik Motivasi dan evaluasi diri
|
Dengan menerapkan Teknik Motivasi dan evaluasi diri
dalam memperbaiki rencana kerja dan anggaran saya akan lakukan dengan
langkah-langkah :
-
Saya akan menigkatkan konsentrasi dalam pekerjaan.
-
Saya akan berupaya sebaik mungkin agar dalam
penyusunan rencana kerja dan anggaran sesuai aturan yang berlaku.
-
Saya akan selalu berlandaskan kepada
Peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dalam penyusunan rencana kerja dan
anggaran.
|
|
Etika Publik
Koordinasi
|
Dengan menggunakan teknik koordinasi dalam
melaksanakan tugas tersebut saya akan lakukan dengan kangkah-langkah :
-
Saya akan melakukan koordinasi kepada sub-bidang
perencanaan dan program dinas dengan cara berkomunikasi dengan baik.
-
Kemudian saya akan menyampaikan kepada atasan dari
hasil perbaikan tersebut dengan baik dan sopan.
|
|
Komitmen Mutu
Dengan teknik Planing, Do, Check, Action.
|
Dengan teknik Planing, Do, Check, Action
akan saya lakukan dengan langkah-langkah :
Planning “
Do “Mengumpulkan data-data pendukung untuk ambil contoh
dalam perbaikan rencana kerja dan anggaran”.
Chech ”mengkordinasikan hasil rancangan standar operasi warung internet
dengan atasan untuk di evaluasi”.
Action ”melaksanakan dan menerapkan standari operasi bagi warung internet”.
|
|
Anti Korupsi
Dengan teknik tansparan
|
Dengan menggunakan teknik transparan dalam
melaksanakan tugas tersebut saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-
Menyesuaikan standar harga yang digunakan daerah.
-
Menyesuaikan dengan pagu anggaran dengan yang
diperintahkan atasan.
|
|
Manfaat :
Dengan menerapakan Nilai-nilai dasar ANEKA dalam
melaksanakan perbaikan rencana kerja dan anggaran, akan menghasilkan kinerja
pegawai yang baik, pegawai akan selalu mengikuti aturan-aturan yang sudah
ditetapkan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga akan menghasilkan
rencana kerja dan anggaran yang baik dan benar.
|
3.
Kegiatan 3 : Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo
a.
Tabel 2.5 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 3
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
|
Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo
|
Akuntabilitas
-
Tanggung jawab,
|
Dalam melakukan pengecekan server
dishubkominfo akan saya lakukan dengan
integritas menggunakan teknik check in re-check.
|
Nasionalisme
-
Kerjasama
|
Dalam melakukan Pengecekan Server dishubkominfo
akan dilakukan secara bekerjasama dengan rekan kerja menggunakan teknik
koordinasi.
|
||
Etika public
-
Bertanggungjawab terhadap publik
|
Dalam pemesanan barang saya akan bertanggungjawab
terhadap public dengan teknik pengumuman.
|
||
Komitmen Mutu
-
Efektif
-
Efisien
-
Inovasi
-
Mutu
|
Dalam melakukan pesanan saya akan
melakukan secara efektif dan efisien dengan teknik PDCA.
|
||
Anti korupsi
-
Jujur
|
Dalam menyusun daftar dan harga barang
pesanan saya akan menerapkan nilai kejujuran dengan teknik pelaporan.
|
b.
Tabel 2.6 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 3.
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi
nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas
Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
|
|
Akuntabilitas
Dengan teknik check in-recheck.
|
Dalam melakukan pengecekan server dengan menggunakan
teknik check in-recheck saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-
Memastikan pendingin ruangan dalam kondisi baik.
-
Mencatat semua hasil pengecekan dengan lengkap.
-
Melakukan pengecekan ulang terhadap system.
|
Nasionalisme
Dengan teknik koordinasi
|
Dalam menyelesaikan pekerjaan saya akan menggunakan
teknik koordinasi dengan langkah-langkah :
-
Menyampaikan hasil survey kepada atasan.
-
Menyeleksi daftar barang bersama rekan kerja dan
atasan.
-
Menyampaikan daftar barang yang memiliki kualitas
dan yang kurang berkualitas.
|
|
Etika public
Dengan teknik pengumunan
|
Dalam melakukan pengecekan server dengan menerapkan
teknik pengumunan saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-
Memastikan kondisi server tidak dapat ditangani
dalam waktu singkat.
-
Menyiapkan kalimat pemberitahuan singkat secara
public bahwa adanya perbaikan.
-
Segera menutup pengumuman dan mengoperasikan kembali
server.
-
Jika ada kerusakan yang bersifat permanan akan saya
sampaikan kepada atasan dengan sopan dan santun.
|
|
Komitmen mutu
Dengan teknik PDCA
|
Dalam melakukan pengecekan server menggunakan teknik
PDCA akan saya lakukan dengan langkah-langkah :
-
Menyiapkan form rekam kondisi server.
-
Melakukan pengecekan berdasarkan urutan yang ada
dalam form.
-
Melakukan cross check pada seluruh perangkat dan
meyiapkan pengumuman.
-
Mengisi form hasil pengecekan server.
|
|
Anti korupsi
Jujur dengan teknik pelaporan.
|
Dalam melakukan pengecekan server tersebut saya menerapkan
nilai kejujuran dengan menggunakan teknik pelaporan dan akan saya lakukan dengan
langkah-langkah :
-
Melakukan pengisian hasil pengecekan sesuai dengan
kondisi saat itu.
-
Melaporkan daftar perangkat jika ada yang rusak
permanen kepada atasan dengan sebenarnya.
|
|
Manfaat :
Dengan menerapkan nilai-nilai dasar ANEKA dalam
pengecekan server akan meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap public,
memiliki data yang akurat untuk pengembangan terhadap system, laporan yang
diambil dari form pengecekan bagi organisasi akan menjadi dasar dalam
pengambilan keputasan.
|
4.
Kegiatan 4 : Menerima Tugas dari Atasan
untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional.
a.
Tabel 2.7 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 4.
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
1
|
Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat
Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
|
Akuntabilitas
Dengan nilai Integritas
|
Landasan nilai dasar akuntabilitas dengan
mengaktualisasikan nilai integritas dengan teknik cross check.
|
Nasionalisme
Dengan nilai palaksana kebijakan publik.
|
Landasan nilai dasar nasionalisme dengan
mengaktualisasikan nilai pelaksana kebijakan public dengan teknik koordinasi.
|
||
Etika Publik
Dengan nilai Konsultasi
|
Landasan Nilai dasar Etika Publik dengan
mengaktualisasikan nilai ketelitian dengan teknik Komunikasi efektif.
|
||
Komitmen Mutu
Dengan nilai Efektif, Efisien, Invasi, Mutu
|
Landasan Nilai dasar komitmen Mutu dengan
mengaktualisasikan nilai efektif, efisien, bermutu dan inovasi dengan teknik
PDCA.
|
||
Anti korupsi
Dengan nilai Kejujuran
|
Landasan Nilai dasar anti korupsi dengan
mengaktualisasikan nilai jujur dengan teknik check in re-check
|
b.
Tabel 2.8 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 4.
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan
manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi
dan Informatika
|
1
|
Nilai Dasar
Akuntabilitas
Dengan Teknik Cross Check
|
Saya akan menerapkan teknik transparansi informasi dan
bertanggung jawab pada saat Pemberian informasi tentang rekomendasi dengan
langkah-langkah :
-
Menerima perintah atasan dengan tanggungjawab.
-
Kemudian saya akan membaca format yang diberikan
atasan.
-
Kemudian saya akan menyusun dan mengurutkan
item-item dasar-dasar peraturan yang akan dimasukkan didalam surat keputusan
tersebut.
-
Jika sudah lengkap maka saya akan mencetak dokumen
dan melakukan pengecekan terhadap aturan tata naskah surat-menyurat.
-
Selanjutnya saya akan membaca kembali hasil dokumen
yang saya kerjakan, jika sudah benar dari segi tatanaskah selanjutnya akan
saya sampaikan kembali kepada atasan untuk pengecekan kembali.
|
Nasionalisme
Dengan teknik Koordinasi
|
Dengan menggunakan teknik koordinsi dalam mengetik
surat saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-
Saya akan berkoordinasi langsung dengan atasan
tentang penyusunan draf yang saya buat.
-
Saya akan meminta petunjuk kepada atasan tentang
daftar aturan yang akan digunakan sebagai dasar penerbitan surat keputusan.
|
|
Etika Publik
Berkomunikasi secara efektif.
|
Saya menggunakan teknik komunikasi efektif dalam
melaksanakan tugas dengan langkah-langkah :
-
Saya akan berkomunikasi secara efektif dalam
menyampaikan hasil pekerjaan kepada atasan.
-
Saya akan menyampaikan hasil print-out surat
keputusan tersebut didalam map.
-
Apabila sudah diterima hasil pekerjaan tersebut saya
akan meminta izin untuk melaksanakan pekerjaan lainnya sebelum meninggalkan
ruangan atasan.
|
|
Komitmen Mutu
Dengan teknik berfikir kreatif.
|
Dalam menyelesaikan tugas tersebut saya akan
menggunakan teknik PDCA dengan langkah-langkah :
-
“Plan” saya akan membaca dan memahami aturan-aturan dan
mengambil contoh dalam penyusunan tatanaskah tersebut.
-
“DO” saya akan memulai pekerjaan dengan mengacu pada contoh maupun draf
yang yang diberikan oleh atasan.
-
“Check” saya akan melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan yang saya
buat.
-
“Action” saya akan melaporkan kepada atasan bahwa pekerjaan
sudah selesai dan dokumen yang sudah ditandatangi akan saya scan
menjadi arsip elektronik.
|
|
Anti Korupsi
Dengan teknik Check in re-check
|
Saya akan menggunakan teknik pelaporan dalam
melaksanakan tugas tersebut dengan cara :
-
Saya akan melakukan pengecekan secara teliti
terhadap dasar utama dalam penerbitan surat keputusan seperti : DPA Kegiatan,
jumlah nama-nama panitia yang akan dimasukkan dalam kepanitiaan serta tanggl
pelaksanaan kegiatan.
|
|
Manfaat :
Dengan Menerapkan Nilai Aneka dalam melaksanakan
tugas tersebut akan menjalin hubungan yang harmonis antara staf dengan
atasan, serta meningkatkan kepercayaan atasan dalam memberikan tugas kepada
staf, sehingga akan menciptakan kondisi yang kondusif dalam organisasi.
|
5. Kegiatan 5 : Menerima Tugas
dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional.
a. Table 2.9. Keterkaitan Nilai dasar dengan kegiatan 5.
b.
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
|
Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional
|
Akuntabilitas
Dengan mengaktualisasikan nilai Transparansi
|
Landasan Nilai Dasar Akuntabilitas dengan
mengaktualisasikan nilai transparansi dengan teknik Visualisasi.
|
Nasionalisme
Dengan mengaktualisasikan nilai Kerjasama
|
Landasan Nilai Dasar nasionalisme dengan
mengaktualisasikan nilai bekerjasama dengan teknik motivasi.
|
||
Etika Publik
Dengan mengkatualisasikan nilai Koordinasi
|
Landasan Nilai Dasar Etika Publik dengan
mengaktualisasikan nilai koordinasi dengan teknik komunikasi efektif.
|
||
Komitmen Mutu
Dengan mengkatualisasikan nilai Inovasi dan Mutu.
|
Landasan nilai dasar Komitmen mutu dengan
mengaktualisasikan nilai inovasi, mutu dengan teknik PDCA.
|
||
Anti Korupsi
Dengan mengaktualisasikan nilai jujur
|
Landasan nilai dasar anti korupsi dengan
mengaktualisasikan nilai jujur dengan teknik Pelaporan.
|
c.
Table 2.10 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada kegaitan 5
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan
manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi
dan Informatika
|
|
Akuntabilitas
Dengan teknik kontrak kerja
|
Dalam merancang desain dan pemesanan shoopingbag
menggunakan teknik kontrak kerja akan saya lakukan dengan
langkah-langkah :
-
Mencari dokumentasi yang berkaitan dengan acara yang
dilaksanakan.
-
Memilih alat bantu desain grafis.
-
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
|
Nasionalisme
Dengan teknik motivasi dan evaluasi diri
|
Dalam mendesain gambar shoopingbag dengan teknik
bekerjasama akan melakukan dengan langkah-langkah :
-
Menerima usulan dari rekan kerja dalam memilih foto
yang akan ditampilkan dalam banner.
-
Meminta bantuan kepada rekan kerja dalam pemasangan
rollbanner.
|
|
Etika public
Dengan teknik Berkomunikasi efektif
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut dengan teknik
berkomunikasi efektif saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-
Meminta bantuan dengan rekan kerja dengan cara yang
santun.
-
Menyeleksi data usulan gambar secara bersama-sama.
-
Meminta pendapat rekan kerja terhadap hasil
pekerjaan tersebut.
-
Menyampaikan beberpa alternative dari hasil
pekerjaan kepada atasan dengan cara yang sopan dan santun.
|
|
Komitmen mutu
Dengan teknik PDCA
|
Dengan menggunakan teknik PDCA dalam tugas tersebut
saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-
“Palnning” Mengumpulkan data-data gambar dan menyeleksi gambar
yang sesuai dengan tema kegiatan.
-
“Do” Membuat beberapa desaign yang disesuaikan dengan
tema kegiatan.
-
“Check” Menyampaikan hasil pekerjaan kepada atasan.
-
“Action” Menyimpan dokumen gambar untuk dijadikan referensi
untuk pekerjaan yang serupa.
|
|
Anti korupsi
Dengan teknik pelaporan
|
Dengan menggunakan teknik pelporan saya akan
melakukan dengan langkah-langkah :
-
Akan melaksanakan pekerjaan menggunakan
fasilitas organisasi.
-
Melaporkan hasil pekerjaan kepada atasan seperti
ukuran dan biaya percetakan dengan jujur.
-
Menyampaikan kepada atasan bahwa hasil pekerjaan
adalah hasil kerjasama dengan rekan kerja.
|
|
Manfaat :
Diharapkan Pengunjung Pekan Informasi Nasional
mendapatkan gambaran secara umum tentang daerah seperti kondisi geografis,
lokasi perbatan, hasil daerah, sector komoditi daerah.
Bagi organisasi adalah ajang promosi daerah secara nasional
dengan memanfaatkan iven yang dilaksanakan.
|
Kegiatan 6 : Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta
menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran
dalam Pekan Informasi Nasional.
a. Table 2.11. Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 6
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
|
Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan
Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan
Informasi Nasional
|
Akuntabilitas
-
Integritas
|
Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan
nilai integritas dengan menggunakan teknik check in re-check.
|
Nasionalisme
-
Kerjasama
|
Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan
nilai kerjasama dengan menggunakan teknik gotong royong.
|
||
Etika Publik
-
Jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna,
berhasil guna.
|
Dalam melakukan inventarisai saya akan melakukan
dengan cara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil
guna dengan menggunakan teknik berkomunikasi efektif.
|
||
Komitmen mutu
-
Efektif
-
Efisien
-
Inovasi
-
Mutu
|
Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan
nilai efektif, efisien, inovasi dan mutu dengan teknik PDCA
|
||
Anti Korupsi
-
Kejujuran
|
Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan kejujuran
dengan teknik pelaporan.
|
b. Tabel 2.12 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 6
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan
manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi
dan Informatika
|
|
Akuntabilitas
Dengan teknik check in re-check
|
Degan menggunakan teknik check in re-check dalam
melakukan tugas tersebut saya melaksanakan dengan langkah-langkah :
-
Saya akan mendata kembali barang dan perlengkapan
yang diusulkan atasan untuk diinventarisasi.
-
Saya akan melakukan pengecekan dan mencatat kondisi
barang dan peralatan tersebut.
|
Nasionalisme
Dengan teknik gotong royong
|
Dengan menggunakan teknik gotong royong dalam tugas
tersebut saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-
Melaksanakan tugas secara bersama-sama dengan rekan
kerja.
-
Saya akan selalu mempertimbangkan usulan rekan kerja
dalam melaksanakan tugas.
-
Saya akan selalu meminta bantuan rekan kerja apabila
pekerjaan tersebut ada yang memberatkan saya.
|
|
Etika Publik
Dengan teknik komunikasi efektif
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut dengan menggunakan
tekni komunikasi efektif saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-
Saya akan menyampaikan permintaan bantuan dengan
rekan kerja dengan cara yang sopan dan santun.
-
Saya akan selalu menyampaikan kepada rekan kerja
apabila ada instruksi lain dari atasan.
|
|
Komitmen Mutu
Dengan teknik PDCA
|
Dalam menginventarisasi dan menyiapakna barang dan
perlengkapan menggunakan teknik PDCA saya akan lakukan dengan langkah-langkah
:
“Planning“ Menyiapkan daftar barang dan perlengkapan
berdasarkan permintaan atasan.
“Do” saya akan melakukan pengecekan barang dan peralatan yang ada dalam
daftar dari atasan.
“Check” Saya akan melakukan cross check tehadap daftar, jika ada usulan dari
rekan kerja akan sampaikan kepada atasan.
“Action” Jika ada barang dan perlengkapan yang kurang akan
diusulkan untuk diganti dengan barang yang lain.
|
|
Anti Korupsi
Dengan teknik pelaporan
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya menggunakan
teknik pelaporan secara transparan dengan langkah-langkah :
-
Membuat daftar barang yang telah diseleksi dan
disetujui oleh atasan.
-
Menyampaikan laporan dalam bantuk daftar list barang
kepada atasan.
-
Memberikan label pada barang yang sudah dipaketkan
untuk mengantisipasi kehilangan.
|
|
Manfaat :
Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ANEKA
pada kegiatan tersebut akan menjalin sebuah tim work yang solid antar sesame
rekan kerja, menimbulkan rasa persaudaraan.
Pekerjaan akan mudah dan cepat diselesaikan dengan
diterapkan teknik gotong royong.
Bagi organisasi akan meningkatkan kinerja sehingga
akan mampu dalam pencapaian target kegiatan.
|
Kegiatan 7 : Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan
Keuangan (RFK)
Table 2.13 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan
Kegiatan 7
NO
|
Kegiatan
|
Nilai Dasar
|
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
|
|
Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan
(RFK)
|
Akuntabilitas
-
Tanggungjawab
|
Dalam mengikuti kegiatan tersebut saya akan menerapkan
nilai tanggungjawab dengan teknik tepat waktu.
|
Nasionalisme
-
Pelaksana Kebijakan Publik
|
Dengan mengaktualisasikan pelaksana kebijakan publik
akan saya lakukan dengan menggunakan teknik menjunjung tinggi kejujuran
|
||
Etika Publik
-
Kerjasamama
|
Dalam mengaktualisasikan nilai kerjasama dengan
teknik koordinasi.
|
||
Komitmen Mutu
-
Efektif
-
Efisien
-
Mutu
-
Inovasi
|
Dalam mengikuti briefing dengan efektif, efisien,
mutu dan inovasi saya akan menggunakan teknik PDCA.
|
||
Anti Korupsi
-
Berani
|
Dalam mengaktualisasikan nilai kejujuran akan
dilakukan dengan teknik pelaporan
|
a.
Table 2.14 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 7.
NO
|
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
|
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan
manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi
dan Informatika
|
|
Akuntabilitas
Dengan teknik tepat waktu
|
Ketika saya melaksanakan tugas tersebut saya akan
menerapkan teknik tepat waktu dengan langkah-langkah :
-
Sebelum melaksanakan tugas tersebut Saya akan
mempelajari semua tentang alur proses dari RFK Onlie.
-
Saya akan memberikan bantuan kepada semua admin SKPD
ketika mereka mengalami kendala
-
saya akan berkomitmen dalam menutup aktifasi input
laporan setiap tangal 10 tiap bulannya..
|
Nasionalisme
Dengan teknik menjunjung tinggi kejujuran.
|
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya menerapkan
teknik saling menghormati dengan langkah-langkah :
-
saya akan memproses semua permintaan dari SKPD
sesuai dengan kebutuhan.
-
saya akan menyampaikan informasi dengan
sebenar-benarnya dalam fitur pemberitahuan secara online.
.
|
|
Etika Publik
Dengan teknik komunikasi efektif.
|
Saya akan melaksanakan tugas tersebut dengan
menerapkan teknik komunikasi yang efektif dengan langkah-langkah :
-
Saya akan melayani pertanyaan tentang operasi system
RFK baik secara langsung maupun melalui telpon.
-
Saya akan berkomunikasi secara sopan dan santun
serta sabar saat melayani admin SKPD.
-
Saya akan tetap menjawab pertanyaan walaupun
pertanyaan tersebut sama.
|
|
Komitmen Mutu
Dengan teknik berpikir Kreatif
|
Dengan beripikir kreatif dalam tugas tersebut saya
akan melakukan dengan langkah-langkah :
“Menemukan
Masalah” saya akan mencermati apa yang menjadi permasalahan dalam RFK
Online
“Keinginan
Memperbaiki” saya akan mnyimpulkan permasalahan.
“Mencari
data dan Informasi” saya akan mereview arahan-arahan perubahan yang telah disampaikan
oleh atasan.
“Menganalisa” dari arahan-arahan yang disampaikan atasan
saya akan mencerna dan mengaplikasikan dalam melaksanakan tugas.
“Menghasilkan
ide” saya akan memikirkan bagaimana saya
tetap bisa melakukan pelayanan secara online dimanapun berada, dan menyiapkan
sub-admin yang ditunjuk atasan untuk membantu menyelesaikan masalah,
“Menerapkan
Ide” Pelayanan akan tetap berjalan walaupun
saya tidak berada ditempat.
|
|
Anti Korupsi
Dengan teknik pelaporan
|
Dalam menjalankan tugas sebagai administrator RFK
Online dengan teknik pelaporan dengan langkah-langkah :
-
Saya akan menyampaikan kepada atasan terkait
permasalahan yang sering timbul.
-
Saya akan merekam rekapitulasi bulanan untuk sertiap
SKPD.
-
Melaporkan setiap ada perubahan data baik yang
dilakukan oleh admin SKPD maupun melalui administrator
|
|
|
Manfaat :
dalam melaksanakan tugas dengan menerapkan
nilai-nilai dasar ANEKA akan mampu melayani dan menjalin hubungan dengan SKPD
lain baik secara personal maupun secara organisasi.Pemecahan masalah yang
timbul jika dilakukan dengan bijaksana akan berdampak positif bagi
organisasi.
|
BAB III
AKTUALISASI
A. Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik
Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu
tahun 2015.
Tabel 3.1 Laporan Kegiatan dalam Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.
Kegiatan
|
:
|
Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik
Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu
tahun 2015.
|
Tanggal
|
:
|
9 November 2015
|
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar 3.1 Foto melakukan scan dokumen.
-
Gambar 3.2 Screen shoot pengetikan surat
hibah.
|
Dalam mengetik surat keterangan pengajuan
permohonan hibah prototype desa broadband dilakukan berdasarkan arahan yang
berikan atasan dengan mengambil format yang diintruksikan oleh atasan melalui
email dari kementerian, saya mengikuti arahan atasan dalam tugas ini untuk menyesuaikan
data-data peralatan yang diajukan berdasarkan perjanjian kerjasama daerah
dengan kementerian kominfo yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian hasil
ketikan saya sampaikan keatasan untuk dilegalisasi.
Di dalam pelaksanaan tugas tersebut saya menggunakan
peralatan komputer dan software yang umum digunakan, kemudian hasil dalam
bentuk print-out dan telah ditanda tangani saya lakukan scanning
untuk dijadikan arsip secara elektronik selain arsip konvensional. cara ini
akan mengantisipasi jika terjadi hilangnya salinan pada arsip konvensional.
|
||
Gambar 3.1 : Melakukan scan dokumen
sebagai arsip elektronik
|
||
Gambar 3.2 : Screen shoot pengetikan
surat hibah prototipe desa broadband terpadu
|
B. Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran
Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016.
Table 3.2 : Laporan Kegiatan dalam Menerima perintah
atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah
Satu Kegiatan Tahun 2016
Kegiatan
|
:
|
Menerima perintah atasan untuk
memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu
Kegiatan Tahun 2016
|
Tanggal
|
:
|
10 November 2015
|
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar 3.3 Foto dokumen pendukung
-
Gambar 3.4 Foto saat melakukan perbaikan
rencana kerja dan anggaran
|
Dalam melakukan perintah atasan untuk
memperbaiki rencana kerja dan anggaran saya mengikuti arahan yang diberikan
atasan, menggunakan data-data pendukung seperti Setandar biaya umum, daftar
harga satuan barang, rekening belanja, serta peraturan-peraturan yang
berkaitan dengan tugas tersebut.
Selanjutnya dalam memperbaiki rencana
kerja dan anggaran saya menanamkan rasa kekeluargaan dan saling membantu
serta saling menyampaikan informasi terbaru yang diberikan atasan seperti
format yang digunakan, batasan-batasan maupun kebijakan yang diberikan.
Kemudian saya menyampaikan kepada
sub-bagian perencanaan program hasil kegiatan yang diperbaiki.
Dalam memperbaiki rencana kerja anggaran
saya mengumpulkan data-data pendukung sebagai acuan seperti standar biaya
umum kabupaten, rekening belanja, peraturan-peraturan yang berhubungan dengan
rencana kerja anggaran, membuat klasifikasi terhadap belanja langsung dan
belanja tidak langsung. Selanjutnya saya melakukan pengecekan terhadap
dokumen rencana anggaran tersebut dengan membandingkan rencana kerja anggaran
yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk memudahkan dalam pekerjaan tersebut saya
membuat klasifikasi belanja langsung dan tidak langsung dicetak untuk
memudahkan dalam menyusun rencana kerja anggaran.
Dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam memperbaiki
rencana kerja dan anggaran ini yaitu Pemendagri tentang pengelolaan keuangan
daerah, standar biaya umum, standar barang dan jasa serta dokumen-dokumen
pendukung lainya.
Kemudian Hasil perbaikan tersebut saya
laporkan kepada atasan untuk diperiksa.
|
||
Gambar 3.3 : Melakukan perbaikan mengacu
kepada dokumen pendukung.
|
||
Gambar 3.4 : Saat melakukan perbaikan rencana kerja dan anggaran tahun 2016
|
C. Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo.
Table 3.3 : Laporan dalam Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo.
Kegiatan 3
|
:
|
Melakukan Pengecekan Server
dishubkominfo.
|
Tanggal
|
:
|
11 November 2015
|
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar 3.5 Foto bekerjasama saat
melakukan pengecekan server
-
Gambar 3.6 Screen shoot pengumuman
singkat
-
Gambar 3.7 Screen shoot webserver dalam
keadaan normal.
|
Didalam melakukan pengecekan server saya
lakukan ketika ada pengaduan dari pengguna maupun pengecekan rutin terhadap
webserver dan mailserver, dalam pengecekan rutin saya memulai dengan
pengecekan terhadap suhu ruangan yang ada pada temperature Air Contidioner,
dalam pengecekan server saya berkoordinasi dengan rekan kerja, saya bersama
rekan kerja menggunakan Laptop sebagai client untuk menguji koneksi jaringan
lokal maupun internet, kemudian saya melakukan remote system terhadap server
utama sebagai administrator menggunakan tools remote system dengan kabel dan
rekan kerja saya melakukan koneksi dengan jaringan wifi, setelah berada
didalam system administrator saya lakukan pengecekan terhadap trafik/lalulintas
jaringan baik laman website maupun bandwidth internet, kemudian saya
lanjutkan dengan pengecekan terhadap lalu lintas data yang berupaya masuk
kedalam system tanpa izin.
Urutan yang saya lakukan dalam tugas ini
adalah berdasarkan urutan yang ada pada form pengecekan server.
Dalam melakukan pengecekan saya lakukan
pencatatan pada form isian sebagai rekam kondisi sever saat itu, jika ada
kendala dalam performa maupun hal-hal yang dianggap tidak wajar terhadap
server saya bersama rekan kerja langsung melakukan upaya penanganan saat itu
juga, apabila penanganan memakan waktu yang lama maka sudah dipersiapkan
pengumuman yang berbunyi “Mohon Maaf Server Sedang dalam Perbaikan” yang
ditampilkan pada laman webserver.
Hasil dari pengecekan yang sudah tercatat
dalam form akan saya arsipkan sebagai bahan untuk laporan.
|
||
Gambar 3.5 : Saat bekerjasama melakukan
pengecekan server dishubkominfo
|
||
Gambar 3.6 : Screen shoot pengumuman
singkat webserver ketika sedang maintenance
|
||
Gambar 3.7 : Screen Shoot webserver dalam
keadaan normal
|
D. Menerima Tugas dari Atasan untuk mengetik
Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
Table 3.4 : Laporan dalam Menerima Tugas dari Atasan untuk mengetik
Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
Kegiatan
|
:
|
Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat
Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
|
Tanggal
|
:
|
9 November 2015
|
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar 3.8 Foto Hasil
pengetikan surat keputusan
-
Gambar 3.9 Foto
Melakukan scan dokumen sebagai arsip elektronik
|
Dalam mengetik surat keputusan saya
lakukan berdasarkan Kegiatan yang akan dilaksanakan beserta draft yang
disusun Kepala Bidang Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika
Kepulauan Meranti dan diintruksikan untuk megurutkan dasar-dasar peraturan
berdasarkan tingkat lembaga/organisasi yang mengeluarkan, kemudian saya
kumpulkan data-data yang berkaitan dengan kegiatan tersebut seperti Nomor
rekening DPA, nama-nama yang akan dimasukkan dalam kepanitiaan kegiatan,
peraturan-peraturan yang berkaitan, tanggal dikeluarkan Surat Keputusan serta
menyusun kalimat redaksi sebaik mungkin, lalu dicetak dan disampaikan dalam
bentuk hardcopy kepada Kepala Bidang untuk dikoreksi dan memperbaiki
sesuai hasil koreksi, kemudian saya legalisasikan kepada Sekretaris Dinas,
selanjutnya Surat Keputusan yang sudah ditandatangani saya scan untuk
dijadikan arsip secara elektronik selain arsip konvensional.
|
||
Gambar 3.8 : Hasil pengetikan surat keputusan
|
||
Gambar 3.9 : Melakukan
scan dokumen sebagai arsip elektronik
|
E. Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain
Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional.
Tabel 3.5 : Laporan dalam Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan
Pekan Informasi Nasional
Kegiatan
|
:
|
Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional
|
||||
Tanggal
|
:
|
10 November 2015
|
||||
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar 3.10 Foto Berkonsultasi dengan
rekan kerja untuk memberikan usulan foto yang akan dipilih dalam mendesain
banner.
-
Gambar 3.11 Foto Uji Coba rollbanner
dibantu rekan kerja
|
||||
Dalam mendesain banner dibutuhkan
foto-foto kegiatan daerah yang bersifat kemasyarakatan, yang mencerminkan
upaya-upaya dalam peningkatan perekonomian masyarakat untuk dipaparkan
didalam desain banner dengan menggunakan aplikasi desain grafis. Untuk
memperoleh data data-data dan foto kegiatan yang akan cantumkan kedalam banner,
maka dalam hal ini dilakukan konsultasi, koordinasi dan kerjasama
dengan pihak Instansi terkait seperti Bagian Humas Sekretariat Daerah untuk
memperoleh data dan foto kegiatan yang dibutuhkan. Data maupun foto yang saya
ambil adalah yang bernilai positif terhadap kabupaten serta mencerminkan
nilai kebanggaan bagi pemerintah daerah maupun masyarakat, setelah foto-foto
terkumpul saya konsultasikan kepada rekan kerja untuk memberikan usulan foto
yang akan dimasukan dalam banner serta kalimat yang akan dimasukkan dalam banner.
Kemudian saya lakukan desain dengan sebaik mungkin untuk menampilkan hasil
yang maksimal, setelah desain banner selesai dan disetujui saya lanjutkan
untuk dicetak. Sebelum banner dicetak saya perlihatkan kepada atasan untuk
memilih beberapa alternatif desain yang sudah saya buat. Setelah selsesai
pencetakan saya meminta bantuan kepada rekan kerja untuk uji coba pada
rollbanner.
|
||||||
|
|
|||||
Gambar 3.10 : Berkonsultasi dengan rekan
kerja untuk memberikan usulan foto yang akan dipilih dalam mendesain banner.
|
||||||
Gambar 3.11 : Uji Coba rollbanner dibantu
rekan kerja.
|
||||||
F. Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan
Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi
Nasional.
Table
3.6 : Laporan dalam Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan
Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi
Nasional
|
||||||
Kegiatan
|
:
|
Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta
menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran
dalam Pekan Informasi Nasional
|
||||
Tanggal
|
:
|
10 November 2015
|
||||
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar 3.12 Foto pengecekan barang dan
perlengkapan.
-
Gambar 3.13 Foto Pemaketan barang produk
lokal dan perlengkapan pameran Pekan Informasi Nasional
|
||||
Dalam melakukan inventarisasi Peralatan
dan Perlengkapan yang akan dibawa dalam pameran Pekan Informasi Nasional
adalah benar-benar sesuai kebutuhan kegiatan, Peralatan dan Perlengkapan
tersebut adalah barang aset kantor dinas yang berada dibagian perlengkapan, pada
hari pertama saya lakukan dengan pengecekan Peralatan dan Perlengkapan yang
masih berada di ruang penyimpanan dan mencatat semua dalam bantuk list
barang.
Catatan tersebut sebagai acuan untuk
disampaikan kepada atasan terkait kondisi barang, untuk Peralatan dan
Perlengkapan yang disetujui untuk dibawa saya buat dalam bentuk daftar secara
detil, selain Peralatan dan Perlengkapan milik kantor, saya juga melakukan
inventarisasi terhadap barang-barang produk lokal yang sudah ditentukan untuk
dibawa, pada hari kedua dan ketiga semua Peralatan dan Perlengkapan yang akan
dibawa sudah lengkap sesuai daftar selanjutnya saya lakukan pemaketan barang
serta bekerjasama dengan rekan anggota yang ditunjuk sebagai panitia
kegiatan.
|
||||||
Gambar 3.12 : Pengecekan barang dan
perlengkapan.
|
||||||
Gambar 3.13 : Pemaketan barang produk lokal dan
perlengkapan pameran Pekan Informasi Nasional
|
||||||
G.
Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi
Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online.
Table
3.7 : Laporan dalam Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan
(RFK) Online.
Kegiatan
|
:
|
Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi
Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online
|
Tanggal
|
:
|
9 - 20 November 2015
|
Daftar Lampiran
|
:
|
-
Gambar
3.14 Screen Shoot Administrator RFK.
-
Gambar 3.15 Screen Shoot Penanganan Kendala Perubahan Database
-
Gambar 3.16 Foto Melayani admin skpd
untuk perbaikan database RFK
|
Didalam melaksanakan tugas sebagai
Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online saya melaksanakan
secara professional sesuai dengan keahlian yang saya miliki, tugas utama saya
adalah mengaktifkan fiture input laporan yang sudag ditentukan pada tanggal
10 setiap bulannya, menutup fiture laporan bulanan, menyampaikan pengumunan
secara missal ke seluruh admin SKPD jika ada hal-hal yang berkaitan dengan
aplikasi RFK, membuat user admin SKPD serta membantu dalam menangani masalah
yang terjadi pada masing-masing admin SKPD, layanan yang berikan antara lain
melalui kontak phone, maupun tatap muka. Setiap admin SKPD yang menemui
kendala dalam mengoperasikan aplikasi tersebut saya berikan solusi, jika
admin SKPD menemui kendala yang tidak bisa dilakukan oleh admin SKPD maka
saya membantu secara secara remote system baik dalam memperbaiki data maupun
merubah authentikasi admin.
Dalam membantu mengatasai kendala pada
admin SKPD saya lakukan secara remote system maupun langsung di perangkat
server RFK Online.
|
||
Gambar 3.14 : Screen Shoot Administrator RFK
|
||
Gambar 3.15 : Screen Shoot
Penanganan Kendala Perubahan Database
|
||
Gambar 3.16 : Melayani admin skpd
untuk perbaikan database RFK
|
BAB
IV
DAMPAK
DAN SOLUSI
A. Dampak Bagi Organisasi.
a.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan
Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015, maka dokumen
pertanggungjawaban dikahawitrkan berindikasi tidak akuntabel, tidak dapat
dipertanggung jawabkan dan tidak akurat. Hal ini tentu mengganggu kelancaran
jalannya kegiatan dishubkominfo dan
dapat meperlambat pencapaian visi misi organisasi.
b.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan
Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun, maka rencana kerja dan anggaran
dishubkominfo tidak akan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat dalam
pencapaian visi dan misi organisasi.
c.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo, maka penggunaan system
informasi tidak akan berjalan dengan lancar dalam mendukung kinerja
organisasi.
d.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk mengetik Surat Keputusan (SK)
Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasiona, maka dokumen pertanggungjawaban
dikahawitrkan berindikasi tidak akuntabel, tidak dapat dipertanggung jawabkan
dan tidak akurat. Hal ini tentu mengganggu kelancaran jalannya kegiatan dishubkominfo dan dapat meperlambat
pencapaian visi misi organisasi.
e.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan
Pekan Informasi Nasional,
maka target dan sasaran kegiatan tidak akan tercapai secara maksimal,
penyeberan informasi dalam bentuk banner atau poster tidak dapat terlaksana.
f.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang
akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional, maka kegiatan
pameran akan terkendala dan menemui masalah terutama ketika selesai pelaksanaan
kegiatan, serta pertanggungjawaban terhadap peralatan dan perlengkapan tidak
sempurna. Sehingga akan menimbulkan inkonsistensi dalam pencapaian kegiatan
organisasi.
g.
Apabila nilai ANEKA tidak
diterapkan dalam kegiatan menjalankan Tugas Administrator Aplikasi
Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online, maka pelayanan terhadap
permasalahan tidak akan maksimal dan akan menimbulkan masalah yang baru, hal
ini akan menghambat dalam pelaporan realisasi fisik dan keuangan SKPD.
B. Solusi
Solusi
yang dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal diatas adalah dengan menimbulkan
kesadaran akan nilai-nilai dasar ANEKA didalam jiwa individu ASN. Dengan adanya
Diklat Pra Jabatan dengan menamkan nilai ANEKA ini diharapkan bisa menjadi insan
yang membuat suatu perubahan di dalam
lingkungan kerja untuk tercapainya Visi dan Misi Organisasi. Dengan tercapai
Visi misi organisasi, maka Visi Misi Daerah juga akan tercapai.
BAB
V
RENCANA
AKSI DAN KOMITMEN
A.
Rencana
Aksi
Tabel 5.1 Rencana Aksi
No.
|
Nilai
Dasar
|
Teknik
|
1.
|
Akuntabilitas
|
1.
Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 saya menggunakan teknik check
in re-check
|
2.
Pada kegiatan Menerima
perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo
pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 saya menggunakan teknik cross check
|
||
3.
Pada kegiatan Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo saya menggunakan teknik check in re-check
|
||
4.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan
Pekan Informasi Nasional
saya menggunakan teknik cross check
|
||
5.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional
saya menggunakan teknik visualisasi.
|
||
6.
Pada kegiatan menginventarisasi
serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan
Pameran dalam Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik check
in re-check.
|
||
7.
Pada kegiatan Administrator
Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) saya menggunakan teknik tepat
waktu.
|
||
2.
|
Nasionalisme
|
1.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 saya menggunakan teknik
kolaborasi.
|
2.
Pada kegiatan Menerima
perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo
pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik Teknik
Motivasi
|
||
3.
Pada kegiatan Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo dengan teknik koordinasi.
|
||
4.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan
Pekan Informasi Nasional
saya menggunakan teknik koordinasi
|
||
5.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional Dengan mengaktualisasikan nilai Kerjasama
|
||
6.
Pada kegiatan menginventarisasi
serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan
Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik gotong royong
|
||
7.
Pada kegiatan Administrator
Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik menjunjung tinggi
kejujuran.
|
||
3.
|
Etika Publik
|
1.
Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 dengan teknik komunikasi efektif.
|
2.
Pada kegiatan Menerima
perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo
pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik koordinasi.
|
||
3.
Pada kegiatan Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo dengan teknik pengumunan.
|
||
4.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan
Pekan Informasi Nasional
saya menggunakan teknik komunikasi efektif
|
||
5.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional dengan teknik komunikasi efektif.
|
||
6.
Pada kegiatan menginventarisasi
serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan
Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik komunikasi efektif.
|
||
7.
Pada kegiatan Administrator
Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik koordinasi.
|
||
4.
|
Komitmen Mutu
|
1.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 dengan teknik PDCA
|
2.
Pada kegiatan Menerima
perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo
pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik PDCA.
|
||
3.
Pada kegiatan Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo dengan teknik PDCA.
|
||
4.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan
Pekan Informasi Nasional
saya menggunakan teknik PDCA
|
||
5.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional dengan teknik PDCA.
|
||
6.
Pada kegiatan menginventarisasi
serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan
Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik PDCA.
|
||
7.
Pada kegiatan Administrator
Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik berfikir kreatif
|
||
5.
|
Anti Korupsi
|
1.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 dengan teknik pelaporan
|
2.
Pada kegiatan Menerima
perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada
Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik imajinasi.
|
||
3.
Pada kegiatan Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo saya menggunakan teknik simbolisasi dengan teknik
pelaporan.
|
||
4.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan
Pekan Informasi Nasional
transparansi dengan teknik check in –recheck.
|
||
5.
Pada kegiatan Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional dengan teknik pelaporan
|
||
6.
Pada kegiatan menginventarisasi
serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan
Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik pelaporan
|
||
7.
Pada kegiatan Administrator
Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik pelaporan.
|
B.
Komitmen
KOMITMEN
MELAKSANAKAN RENCANA AKSI
Pada hari ini ……. Tanggal … bulan ….. tahun 2015
saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Amat Safi’i,
M.Kom
Instansi : Dinas Perhubungan,
Komunikasi dan Informatika
Pekerjaan : Pranata Komputer
Mempunyai komitmen untuk
melaksanakan Rencana Aksi yang saya buat ini di tempat instansi saya bekerja
yaitu :
1.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Menerima
Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah
Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015
2.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Menerima
perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo
pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
3.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Melakukan
Pengecekan Server dishubkominfo
4.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Menerima
Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan
Informasi Nasional
5.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Menerima
Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi
Nasional.
6.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Ditugaskan
untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan
dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional
7.
Nilai Dasar : Akuntabilitas,
Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
Kegiatan : Melaksanakan
Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online
Demikianlah komitemen Nilai Dasar ini saya buat tanpa tekanan dari
siapapun.
Selatpanjang, November 2015
Yang Mempunyai
Komitmen
Amat
Safi’i, M.Kom
BAB VI
PENUTUP
A. Kesimpulan
Melalui Diklat
Prajabatan Pola Baru ini, diharapkan Aparatur Sipil Negara kedepannya dapat
mengaktulisasikan nilai-nilai
Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi.
Nilai-nilai dasar ANEKA tadi juga diharapkan dapat membentuk karakter pribadi
PNS menjadi Apartur Sipil Negara yang handal, Profesional, berintegritas,
jujur, beretika dan selalu berinovasi dalam melaksanakan pekerjaan.
B. Saran
Semoga untuk pelaksanaan pendidikan
dan latihan diberikan waktu yang lebih luas dalam membuat rancangan dan
aktualisasi agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
No comments:
Post a Comment