Keamanan Jaringan Komputer (Firewall)

Menurut Wagito (2005), Firewall adalah alat yang digunakan untuk melindungi jaringan privat dari jaringan public (internet). Firewall melindungi jaringan privat dengan cara mengendalikan aliran paket yang melewatinya. Firewall dirancang untuk mengendalikan aliran paket berdasarkan pada asal, tujuan, port dan informasi tipe paket yang terdapat pada masing-masing paket. Firewall berisi sederet daftar atauran ayang dipakai untuk mementukan kondisi paket data yang datang atau pergi dari firewall menurut kriteria dan parameter tertentu.
Menurut Chris Brenton  dan Cameron Hunt (2003), firewall adalah sebuah sistem atau kelompok sistem yang menerapkan sebuah access control policy terhadap lalu lintas network yang melewati titik-titik akses network. Setelah user menentukan level-level connectivity yang ingin disediakan, tugas dari firewall adalah memastikan bahwa tidak ada akses tambahan diluar ruang lingkup yang diizinkan. Firewall bertanggung jawab untuk memastikan bahwa access control policy diikuti oleh semua user pada network tersebut.
Firewall sama seperti alat-alat network lain dalam hal kegunaan untuk mengontrol aliran lalulintas network, namun tidak seperti alat-alat network lain, sebuah firewall harus mengontrol lalu lintas network dengan memasukkan factor pertimbangan bahwa tidak semua paket-paket data yang dilihatnya adalah apa yang seperti dilihat.
Sebuah firewall harus berasumsi bahwa host mungkin mencoba mengakalinya untuk menyeludupkan informasi secara diam-diam. Sebuah firewall tidak bisa menggunakan peraturan komunikasi sebagai pegangan utama, melainkan harus mengantisipasi bahawa peraturan tersebut akan diabaikan. Asumsi ini banyak memberikan tekanan terhadap desain firewall, dimana desain tersebut harus direncanakan untuk mengatasi semua kondisi yang bakal terjadi.
Fungsi-fungsi firewall secara umum adalah sebagai berikut :
1.      Static packet filtering (Penyaringan paket secara statis)
2.      Dynamic packet filtering (Penyaringan paket secara dinamis)
3.      Stateful filtering (Penyaringan berdasarkan status)
4.      Proxy