Laporan Aktualisasi LPJ Tahun 2015 "Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti

Penguji : Rokhaizal, M.Si
Couch : Suparman, M.Si
Mentor : Syaiful Ikram, MM
Penyaji : Amat Safi'i



BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang.

            Diklat Prajabatan Golongan III yang dilaksanakan oleh Badan Kepagawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2015 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika para Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan public, Pelaksana kebijakan, perekat dan pemersatu bangsa.
            Undang-undang No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengamanatkan Instansi Pemerintah untuk wajib memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terintegrasi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama 1 (satu) tahun percobaan. Tujuan dari diklat terintegrasi adalah untuk membangun moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Dengan demikian Undang-Undang ASN mengedepankan nilai-nilai dan pembangunan karakter dalam membentuk PNS.

Proses menjadikan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat tidaklah mudah. Hal ini tentu membutuhkan peningkatan kapabilitas dan kredibilitas aparaturnya. Para aparat negara haruslah menyadari tanggung jawab dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Menciptakan sumber daya aparatur yang bermutu dimulai dengan pemahaman para aparat akan nilai-nilai baik yang harus muncul dalam setiap pelakasanaan tugasnya. Nilai-nilai yang baik tersebut telah tertera pada UU no. 5 tahun 2014 tentang ASN. Nilai-nilai dasar ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tertuang pada UU tersebut adalah ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi).
1.
 
Diklat Prajabatan Golongan III dengan pola baru ini memberikan pemahaman tentang nilai dasar ASN (Aparatur Sipil Negara) dan menjadi ajang para calon aparatur untuk dapat berlatih melaksanakan setiap pekerjaannya dilandasi nilai ANEKA. Landasan nilai ANEKA dimaksudkan untuk menjaga kualitas pelayanan publik. Harapan selanjutnya nilai ANEKA akan terus muncul dalam keseharian pelaksanaan tugas, meskipun diklat prajabatan telah berakhir.

B.   Maksud dan Tujuan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi PNS.
            Maksud diaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS adalah untuk memberntuk PNS yang professional yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh nlai-nilai dasar profesi PNS, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat yang prima.
Adapun tujuan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi PNS yang penulis laksanakan di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti adalah:
1.      Mampu Menerapkan Nilai-nilai akuntabilitas sehingga memiliki tanggung jawab dan integritas terhadap apa yang dikerjakan.
2.      Mampu Menerapkan Nilai-nilai Nasionalisme sehingga bekerja atas dasar semangat nilai-nilai Pancasila.
3.      Mampu Menerapkan Nilai-nilai Etika Publik sehingga menciptakan lingkungan kerja dan masyarakat yang harmonis.
4.      Mampu Menerapkan Nilai-nilai Komitmen Mutu sehingga mewujudkan pelayanan yang prima terhadap organisasi maupun masyarakat.
5.      Mampu Menerapkan Nilai-nilai Anti korupsi sehingga bisa mewujudkan sikap disiplin maupun menjaga kedisiplinan.

C.  Gambaran Umum Instansi.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 20 Tahun 2012, tentang Pembentukan Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kedudukan Dinas Daerah merupakan unsur pelaksana Otonomi Daerah dipimpin oleh seorang Kepala yang berada dibawah yang bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Tugas pokok Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti adalah :
”Melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika”.
Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.    Perumusan Kebijakan teknis dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.
2.    Penyelenggaraan urusan Pemerintahan dan pelayanan umum dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.  
3.    Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.
4.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Untuk dapat menjalankan tugasnya, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Meranti membawahi 1 (satu) Sekretariat, dan 3 (tiga) Bidang, dengan susunan struktur organisasi sebagai berikut :
1.  Kepala Dinas
2.  Sekretaris, dibantu oleh ;
a.     Sub Bagian Perencanaan dan Program
b.     Sub Bagian Keuangan
c.      Sub Bagian Administrasi Umum
3.  Bidang  Perhubungan Laut, dibantu oleh ;
a.     Seksi Fasilitas Perhubungan Laut
b.     Seksi Lalu Lintas, Angkutan Laut dan Kepelabuhanan
c.      Seksi Keselamatan dan Pengawasan Perhubungan Laut
4.  Bidang Perhubungan Darat dan Udara, dibantu oleh ;
a.     Seksi Fasilitas Perhubungan Darat dan Udara
b.     Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Perhubungan Darat dan Udara
c.      Seksi Keselamatan dan Pengawasan Perhubungan Darat
5.  Bidang Komunikasi dan Informatika, dibantu oleh ;
a.     Seksi Komunikasi dan Informatika
b.     Seksi Prasarana Komunikasi dan Informatika
6.  UPTD ;
7.  Kelompok Jabatan Fungisonal.







Gambar 1.
Struktur Organisasi DISHUBKOMINFO Kab. Kepulauan Meranti



 



BAB II
RANCANGAN AKTUALISASI

A.    Konsep Aktualisasi
Berdasarkan lima nilai dasar ANEKA yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi yang harus ditanamkan kepada setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Berikut ini penjelasan beberapa nilai dasar tersebut :
1.      Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah prinsip dasar dalam memberikan pertanggung jawaban bagi setiap institusi maupun individu. Akuntabilitas merujuk pada kewajiban setiap individu, kelompok atau institusi untuk memenuhi tanggung jawab yang menjadi amanahnya. Amanah seorang PNS adalah menjamin terwujudnya nilai-nilai publik diantaranya mampu mengambil pilihan yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentingan, antara kepentingan publik dengan kepentingan kelompok/pribadi, Memiliki pemahaman dan kesadaran untuk menghindari dan mencegah keterlibatan PNS dalam politik praktis. Memperlakukan warga negara secara sama dan adil dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik,  Menunjukan sikap dan perilaku yang konsisten dan dapat diandalkan sebagai penyelenggara pemerintahan.
2.      Nasionalisme
Nasionalisme adalah pondasi bagi Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan fungsi dan tugasnya dengan orientasi mementingkan kepentingan publik, bangsa dan negara.
3.      Etika Publik
Merupakan refleksi atau standar tindakan keputusan, perilaku untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab penilaian publik. Nilai dasar etika publik sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang ASN, yakni memegang teguh nilai-nilai dalam Ideologi Negara Pancasila, menjalankan tugas secara professional dan tidak berpihak, memberikan layanan kepada publik secara jujur, tanggap, tepat, dan cepat.
4.     
5
 
Komitmen Mutu
Target utama aparatur yang berbasis komitmen mutu adalah mewujudkan kepuasan masyarakat yang menerima layanan. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya setiap aparatur diharuskan mewujudkan sikap kreatif, inovatif, melayani dengan sikap hormat, bertutur kata sopan dan ramah, adil dan tidak diskriminatif.
5.      Anti korupsi
Anti Korupsi adalah tindakan atau gerakan yang dilakukan untuk memberantas segala tingkah laku atau tindakan yang melawan norma-norma dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi, merugikan negara atau masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Tindak pidana korupsi yang terdiri dari kerugian keuangan negara, suap-menyuap, pemerasan, perbuatan curang, penggelapan dalam jabatan, benturan kepentingan dalam pengadaan, dan gratifikasi.
B.     Rancangan Aktualisasi
Berikut ini adalah beberapa rancangan kegiatan aktualisasi diri yang akan di implementasikan di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepualaun Meranti :
1.      Kegiatan 1 : Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.
Table 2.1 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 1
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.
Akuntabilitas
-          Tanggungjawab

Dalam melaksanakan tugas saya akan melaksanakan dengan bertanggungjawab menggunakan teknik check in re-check

Nasionalisme
-          Koordinasi
Dalam menerima tugas saya akan melaksanakan dengan koordinasi dengan teknik kolaborasi dengan instansi lain.
Etika Publik
-          Bertanggung jawab terhadap publik
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan melaksanakan dengan bertanggungjawab terhadap publik dengan teknik komunikasi efektif.
Komitmen Mutu
-          Efektif
-          Efisien
-          Mutu
-          inovasi
Untuk menghasilkan dokumen hibah saya mengupayakan hasil yang efektif, efisien, mutu dan inovasi dengan teknik PDCA.
Anti Korupsi
-          Peduli


Dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan menerapkan nilai peduli Dengan teknik pelaporan.

a.      Tabel 2.2 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 1.
NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Akuntabilitas
Dengan Teknik  Check in Re-Check

Dengan teknik check in-recheck saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Menerima perintah atasan dengan tanggungjawab.
-          Kemudian saya akan membaca dan memahami format surat yang diberikan.
-          Kemudian saya akan menyusun item-item yang akan dimasukkan didalam surat hibah.
-          Jika sudah lengkap maka saya akan mencetak dokumen dan melakukan pengecekan terhadap aturan tata naskah surat-menyurat.
-          Selanjutnya saya akan membaca kembali hasil dokumen yang saya kerjakan, jika sudah benar dari segi tatanaskah selanjutnya akan saya sampaikan kembali kepada atasan.

Nasionalisme
Dengan teknik  kolaborasi


Dengan teknik kolaborasi saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Untuk memudahkan akses informasi terkait kegiatan, saya akan menjalin hubungan komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait baik melalui email maupun komunikasi langsung.
-          Saya akan mengumpulkan data-data dari instansi lain yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Etika Publik
Dengan teknik komunikasi efektif

Saya menggunakan teknik komunikasi efektif dalam melaksanakan tugas dengan langkah-langkah :
-          Saya akan berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan hasil pekerjaan kepada atasan untuk ditandatangani,
-          Selanjutnya saya akan meminta izin untuk melaksanakan tugas lain sebelum meninggalkan ruangan atasan.

Komitmen Mutu
Dengan teknik PDCA

Dalam menyelesaikan tugas tersebut saya akan menggunakan teknik PDCA dengan langkah-langkah :
-          Plan saya akan membaca dan memahami aturan-aturan dan mengambil contoh dalam penyusunan tatanaskah tersebut.
-          “DO” saya akan memulai pekerjaan dengan mengacu pada contoh yang diberikan.
-          “Check” saya akan melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan yang saya buat.
-          “Action” saya akan melaporkan kepada atasan bahwa pekerjaan sudah selesai dan dokumen yang sudah di tandatangi akan saya scan menjadi arsip elektronik.


Anti Korupsi
Dengan teknik pelaporan
Saya akan menggunakan teknik pelaporan dalam melaksanakan tugas tersebut dengan langkah-langkah :
-          Saya akan menyampaikan kepada atasan jika ada nilai-nilai didalam contoh naskah hibah terdapat kekeliruan atau tidak sesuai dengan peraturan.
-          Saya akan melaporkan terkait perkembangan/atau kendala-kendala yang dihadapi dalam tugas tersebut


Manfaat :
Dengan Menerapkan Nilai Aneka dalam melaksanakan tugas tersebut akan menjalin hubungan yang harmonis antara staf dengan atasan, serta meningkatkan kepercayaan atasan dalam memberikan tugas kepada staf, sehingga akan menciptakan kondisi yang kondusif dalam organisasi.

2.      Kegiatan 2 : Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
a.       Tabel 2.3 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 2.
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
Akuntabilitas
-          Integritas.
-          Bertanggungjawab


Dalam melaksanakn tugas saya akan menerapkan nilai integritas dan tanggungjawab dengan teknik cros check.
Nasionalisme :
-          Etos kerja yang positif




Dalam menerima tugas dari atasan untuk memperbaiki Rencana kerja dan Anggaran Tahun 2016 saya akan menerapkan nilai etos kerja yang positif dengan teknik  Teknik Motivasi.
Etika Publik
-          Bertanggungjawab terhadap publik



Dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan menerapkan nilai bertanggungjawab terhadap publik dengan teknik koordinasi.

Komitmen Mutu
-          Efektif
-          Efesien
-          Mutu
-          inovasi

Dalam menyelesaikan tugas tersebut secara efektif, efisien, mutu dan invoasi saya akan menerapkan teknik PDCA.


Nasionalisme :
-          Etos kerja yang positif



Dalam menyelesaikan tugas dari atasan saya akan menerapkan nilai etos kerja yang positif dengan teknik komunikasi efektif.
.
Anti Korupsi :
-          Objektifitas


Dalam menyusun rancangan standarisasi warnet saya akan menerapkan nilai objectifitas dengan imajinasi.



b.      Tabel 2.4 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 2.

NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Akuntabilitas
Dengan Teknik Check in re-Check



Dengan menggunakan teknik check on re-check saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          Saya akan mencari point-point yang diperintahkan untuk diperbaiki.
-          Kemudian saya akan menyesuaikan kode rekening kegiatan sesuai aturan yang berlaku.


Nasionalisme
Dengan Teknik Motivasi dan evaluasi diri






Dengan menerapkan Teknik Motivasi dan evaluasi diri dalam memperbaiki rencana kerja dan anggaran saya akan lakukan dengan langkah-langkah :
-          Saya akan menigkatkan konsentrasi dalam pekerjaan.
-          Saya akan berupaya sebaik mungkin agar dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran sesuai aturan yang berlaku.
-          Saya akan selalu berlandaskan kepada Peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran.


Etika Publik
Koordinasi



Dengan menggunakan teknik koordinasi dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan lakukan dengan kangkah-langkah :
-          Saya akan melakukan koordinasi kepada sub-bidang perencanaan dan program dinas dengan cara berkomunikasi dengan baik.
-          Kemudian saya akan menyampaikan kepada atasan dari hasil perbaikan tersebut dengan baik dan sopan.


Komitmen Mutu
Dengan teknik Planing, Do, Check, Action.










Dengan teknik Planing, Do, Check, Action akan saya lakukan dengan langkah-langkah :
Planning
Do    Mengumpulkan data-data pendukung untuk ambil contoh dalam perbaikan rencana kerja dan anggaran”.
Chech ”mengkordinasikan hasil rancangan standar operasi warung internet dengan atasan untuk di evaluasi”.
Action ”melaksanakan dan menerapkan standari operasi bagi warung internet”.
Anti Korupsi
Dengan teknik tansparan
Dengan menggunakan teknik transparan dalam melaksanakan tugas tersebut saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Menyesuaikan standar harga yang digunakan daerah.
-          Menyesuaikan dengan pagu anggaran dengan yang diperintahkan atasan.

Manfaat :
Dengan menerapakan Nilai-nilai dasar ANEKA dalam melaksanakan perbaikan rencana kerja dan anggaran, akan menghasilkan kinerja pegawai yang baik, pegawai akan selalu mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga akan menghasilkan rencana kerja dan anggaran yang baik dan benar.



3.      Kegiatan 3 : Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo
a.      Tabel 2.5 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 3
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo
Akuntabilitas
-          Tanggung jawab,




Dalam melakukan pengecekan server dishubkominfo akan saya lakukan dengan
integritas menggunakan teknik check in re-check.

Nasionalisme
-          Kerjasama
Dalam melakukan Pengecekan Server dishubkominfo akan dilakukan secara bekerjasama dengan rekan kerja menggunakan teknik koordinasi.

Etika public
-          Bertanggungjawab terhadap publik


Dalam pemesanan barang saya akan bertanggungjawab terhadap public dengan teknik pengumuman.

Komitmen Mutu
-          Efektif
-          Efisien
-          Inovasi
-          Mutu
Dalam melakukan pesanan saya akan melakukan secara efektif dan efisien dengan teknik PDCA.

Anti korupsi
-          Jujur

Dalam menyusun daftar dan harga barang pesanan saya akan menerapkan nilai kejujuran dengan teknik pelaporan.
















b.      Tabel 2.6 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 3.

NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Akuntabilitas
Dengan teknik check in-recheck.

Dalam melakukan pengecekan server dengan menggunakan teknik check in-recheck saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Memastikan pendingin ruangan dalam kondisi baik.
-          Mencatat semua hasil pengecekan dengan lengkap.
-          Melakukan pengecekan ulang terhadap system.
Nasionalisme
Dengan teknik koordinasi



Dalam menyelesaikan pekerjaan saya akan menggunakan teknik koordinasi dengan langkah-langkah :
-          Menyampaikan hasil survey kepada atasan.
-          Menyeleksi daftar barang bersama rekan kerja dan atasan.
-          Menyampaikan daftar barang yang memiliki kualitas dan yang kurang berkualitas.
Etika public
Dengan teknik pengumunan

Dalam melakukan pengecekan server dengan menerapkan teknik pengumunan saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          Memastikan kondisi server tidak dapat ditangani dalam waktu singkat.
-          Menyiapkan kalimat pemberitahuan singkat secara public bahwa adanya perbaikan.
-          Segera menutup pengumuman dan mengoperasikan kembali server.
-          Jika ada kerusakan yang bersifat permanan akan saya sampaikan kepada atasan dengan sopan dan santun.
Komitmen mutu
Dengan teknik PDCA

Dalam melakukan pengecekan server menggunakan teknik PDCA akan saya lakukan dengan langkah-langkah :
-          Menyiapkan form rekam kondisi server.
-          Melakukan pengecekan berdasarkan urutan yang ada dalam form.
-          Melakukan cross check pada seluruh perangkat dan meyiapkan pengumuman.
-          Mengisi form hasil pengecekan server.

Anti korupsi
Jujur dengan teknik pelaporan.

Dalam melakukan pengecekan server tersebut saya menerapkan nilai kejujuran dengan menggunakan teknik pelaporan dan akan saya lakukan dengan langkah-langkah :
-          Melakukan pengisian hasil pengecekan sesuai dengan kondisi saat itu.
-          Melaporkan daftar perangkat jika ada yang rusak permanen kepada atasan dengan sebenarnya.

Manfaat :
Dengan menerapkan nilai-nilai dasar ANEKA dalam pengecekan server akan meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap public, memiliki data yang akurat untuk pengembangan terhadap system, laporan yang diambil dari form pengecekan bagi organisasi akan menjadi dasar dalam pengambilan keputasan.

4.                Kegiatan 4 : Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional.
a.    Tabel 2.7 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 4.
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan
1
Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional


Akuntabilitas
Dengan nilai Integritas



Landasan nilai dasar akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai integritas dengan teknik cross check.

Nasionalisme
Dengan nilai palaksana kebijakan publik.



Landasan nilai dasar nasionalisme dengan mengaktualisasikan nilai pelaksana kebijakan public dengan teknik koordinasi.

Etika Publik
Dengan nilai Konsultasi



Landasan Nilai dasar Etika Publik dengan mengaktualisasikan nilai ketelitian dengan teknik Komunikasi efektif.

Komitmen Mutu
Dengan nilai  Efektif, Efisien, Invasi, Mutu


Landasan Nilai dasar komitmen Mutu dengan mengaktualisasikan nilai efektif, efisien, bermutu dan inovasi dengan teknik PDCA.


Anti korupsi
Dengan nilai Kejujuran




Landasan Nilai dasar anti korupsi dengan mengaktualisasikan nilai jujur dengan teknik check in re-check



b.        Tabel 2.8 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 4.
NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
1
Nilai Dasar

Akuntabilitas
Dengan Teknik Cross Check



Saya akan menerapkan teknik transparansi informasi dan bertanggung jawab pada saat Pemberian informasi tentang rekomendasi dengan langkah-langkah :
-          Menerima perintah atasan dengan tanggungjawab.
-          Kemudian saya akan membaca format yang diberikan atasan.
-          Kemudian saya akan menyusun dan mengurutkan item-item dasar-dasar peraturan yang akan dimasukkan didalam surat keputusan tersebut.
-          Jika sudah lengkap maka saya akan mencetak dokumen dan melakukan pengecekan terhadap aturan tata naskah surat-menyurat.
-          Selanjutnya saya akan membaca kembali hasil dokumen yang saya kerjakan, jika sudah benar dari segi tatanaskah selanjutnya akan saya sampaikan kembali kepada atasan untuk pengecekan kembali.

Nasionalisme
Dengan teknik Koordinasi


Dengan menggunakan teknik koordinsi dalam mengetik surat saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Saya akan berkoordinasi langsung dengan atasan tentang penyusunan draf yang saya buat.
-          Saya akan meminta petunjuk kepada atasan tentang daftar aturan yang akan digunakan sebagai dasar penerbitan surat keputusan.

Etika Publik
Berkomunikasi secara efektif.


Saya menggunakan teknik komunikasi efektif dalam melaksanakan tugas dengan langkah-langkah :
-          Saya akan berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan hasil pekerjaan kepada atasan.
-          Saya akan menyampaikan hasil print-out surat keputusan tersebut didalam map.
-          Apabila sudah diterima hasil pekerjaan tersebut saya akan meminta izin untuk melaksanakan pekerjaan lainnya sebelum meninggalkan ruangan atasan.

Komitmen Mutu
Dengan teknik berfikir kreatif.




Dalam menyelesaikan tugas tersebut saya akan menggunakan teknik PDCA dengan langkah-langkah :
-          Plan saya akan membaca dan memahami aturan-aturan dan mengambil contoh dalam penyusunan tatanaskah tersebut.
-          “DO” saya akan memulai pekerjaan dengan mengacu pada contoh maupun draf yang yang diberikan oleh atasan.
-          “Check” saya akan melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaan yang saya buat.
-          “Action” saya akan melaporkan kepada atasan bahwa pekerjaan sudah selesai dan dokumen yang sudah ditandatangi akan saya scan menjadi arsip elektronik.

Anti Korupsi
Dengan teknik Check in re-check








Saya akan menggunakan teknik pelaporan dalam melaksanakan tugas tersebut dengan cara :
-          Saya akan melakukan pengecekan secara teliti terhadap dasar utama dalam penerbitan surat keputusan seperti : DPA Kegiatan, jumlah nama-nama panitia yang akan dimasukkan dalam kepanitiaan serta tanggl pelaksanaan kegiatan.


Manfaat :
Dengan Menerapkan Nilai Aneka dalam melaksanakan tugas tersebut akan menjalin hubungan yang harmonis antara staf dengan atasan, serta meningkatkan kepercayaan atasan dalam memberikan tugas kepada staf, sehingga akan menciptakan kondisi yang kondusif dalam organisasi.


5.      Kegiatan 5 : Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional.
a.      Table 2.9. Keterkaitan Nilai dasar dengan kegiatan 5.
b.       
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional
Akuntabilitas
Dengan mengaktualisasikan nilai Transparansi

Landasan Nilai Dasar Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai transparansi dengan teknik Visualisasi.


Nasionalisme
Dengan mengaktualisasikan nilai Kerjasama


Landasan Nilai Dasar nasionalisme dengan mengaktualisasikan nilai bekerjasama dengan teknik motivasi.

Etika Publik
Dengan mengkatualisasikan nilai Koordinasi

Landasan Nilai Dasar Etika Publik dengan mengaktualisasikan nilai koordinasi dengan teknik komunikasi efektif.

Komitmen Mutu
Dengan mengkatualisasikan nilai Inovasi dan Mutu.
Landasan nilai dasar Komitmen mutu dengan mengaktualisasikan nilai inovasi, mutu dengan teknik PDCA.


Anti Korupsi
Dengan mengaktualisasikan nilai jujur
Landasan nilai dasar anti korupsi dengan mengaktualisasikan nilai jujur dengan teknik Pelaporan.



c.       Table 2.10 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada kegaitan 5
NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Akuntabilitas
Dengan teknik kontrak kerja





Dalam merancang desain dan pemesanan shoopingbag menggunakan teknik kontrak kerja akan saya lakukan dengan langkah-langkah :
-          Mencari dokumentasi yang berkaitan dengan acara yang dilaksanakan.
-          Memilih alat bantu desain grafis.
-          Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Nasionalisme
Dengan teknik motivasi dan evaluasi diri





Dalam mendesain gambar shoopingbag dengan teknik bekerjasama akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          Menerima usulan dari rekan kerja dalam memilih foto yang akan ditampilkan dalam banner.
-          Meminta bantuan kepada rekan kerja dalam pemasangan rollbanner.


Etika public
Dengan teknik Berkomunikasi efektif










Dalam melaksanakan tugas tersebut dengan teknik berkomunikasi efektif saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          Meminta bantuan dengan rekan kerja dengan cara yang santun.
-          Menyeleksi data usulan gambar secara bersama-sama.
-          Meminta pendapat rekan kerja terhadap hasil pekerjaan tersebut.
-          Menyampaikan beberpa alternative dari hasil pekerjaan kepada atasan dengan cara yang sopan dan santun.

Komitmen mutu
Dengan teknik PDCA











Dengan menggunakan teknik PDCA dalam tugas tersebut saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          “Palnning” Mengumpulkan data-data gambar dan menyeleksi gambar yang sesuai dengan tema kegiatan.
-          “Do” Membuat beberapa desaign yang disesuaikan dengan tema kegiatan.
-          “Check” Menyampaikan hasil pekerjaan kepada atasan.
-          “Action” Menyimpan dokumen gambar untuk dijadikan referensi untuk pekerjaan yang serupa.

Anti korupsi
Dengan teknik pelaporan


Dengan menggunakan teknik pelporan saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          Akan melaksanakan pekerjaan menggunakan fasilitas  organisasi.
-          Melaporkan hasil pekerjaan kepada atasan seperti ukuran dan biaya percetakan dengan jujur.
-          Menyampaikan kepada atasan bahwa hasil pekerjaan adalah hasil kerjasama dengan rekan kerja.


Manfaat :
Diharapkan Pengunjung Pekan Informasi Nasional mendapatkan gambaran secara umum tentang daerah seperti kondisi geografis, lokasi perbatan, hasil daerah, sector komoditi daerah.
Bagi organisasi adalah ajang promosi daerah secara nasional dengan memanfaatkan iven yang dilaksanakan.

Kegiatan 6 : Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional.
a.      Table 2.11. Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 6
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional
Akuntabilitas
-          Integritas

Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan nilai integritas dengan menggunakan teknik check in re-check.

Nasionalisme
-          Kerjasama
Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan nilai kerjasama dengan menggunakan teknik gotong royong.

Etika Publik
-          Jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna.

Dalam melakukan inventarisai saya akan melakukan dengan cara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna dengan menggunakan teknik berkomunikasi efektif.

Komitmen mutu
-          Efektif
-          Efisien
-          Inovasi
-          Mutu

Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan nilai efektif, efisien, inovasi dan mutu dengan teknik PDCA



Anti Korupsi
-          Kejujuran

Dalam melakukan inventarisai saya akan menerapkan kejujuran dengan teknik pelaporan.



b. Tabel 2.12 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 6
NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Akuntabilitas
Dengan teknik check in re-check


Degan menggunakan teknik check in re-check dalam melakukan tugas tersebut saya melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Saya akan mendata kembali barang dan perlengkapan yang diusulkan atasan untuk diinventarisasi.
-          Saya akan melakukan pengecekan dan mencatat kondisi barang dan peralatan tersebut.

Nasionalisme
Dengan teknik gotong royong




Dengan menggunakan teknik gotong royong dalam tugas tersebut saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
-          Melaksanakan tugas secara bersama-sama dengan rekan kerja.
-          Saya akan selalu mempertimbangkan usulan rekan kerja dalam melaksanakan tugas.
-          Saya akan selalu meminta bantuan rekan kerja apabila pekerjaan tersebut ada yang memberatkan saya.

Etika Publik
Dengan teknik komunikasi efektif
Dalam melaksanakan tugas tersebut dengan menggunakan tekni komunikasi efektif saya akan melaksanakan dengan langkah-langkah :
-          Saya akan menyampaikan permintaan bantuan dengan rekan kerja dengan cara yang sopan dan santun.
-          Saya akan selalu menyampaikan kepada rekan kerja apabila ada instruksi lain dari atasan.


Komitmen Mutu
Dengan teknik PDCA










Dalam menginventarisasi dan menyiapakna barang dan perlengkapan menggunakan teknik PDCA saya akan lakukan dengan langkah-langkah :
“Planning“ Menyiapkan daftar barang dan perlengkapan berdasarkan permintaan atasan.
“Do” saya akan melakukan pengecekan barang dan peralatan yang ada dalam daftar dari atasan.
“Check” Saya akan melakukan cross check tehadap daftar, jika ada usulan dari rekan kerja akan sampaikan kepada atasan.
“Action” Jika ada barang dan perlengkapan yang kurang akan diusulkan untuk diganti dengan barang yang lain.

Anti Korupsi
Dengan teknik pelaporan






Dalam melaksanakan tugas tersebut saya menggunakan teknik pelaporan secara transparan dengan langkah-langkah :
-          Membuat daftar barang yang telah diseleksi dan disetujui oleh atasan.
-          Menyampaikan laporan dalam bantuk daftar list barang kepada atasan.
-          Memberikan label pada barang yang sudah dipaketkan untuk mengantisipasi kehilangan.
Manfaat :
Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ANEKA pada kegiatan tersebut akan menjalin sebuah tim work yang solid antar sesame rekan kerja, menimbulkan rasa persaudaraan.
Pekerjaan akan mudah dan cepat diselesaikan dengan diterapkan teknik gotong royong.
Bagi organisasi akan meningkatkan kinerja sehingga akan mampu dalam pencapaian target kegiatan.
















Kegiatan 7 : Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK)
Table 2.13 : Keterkaitan Nilai Dasar dengan Kegiatan 7
NO
Kegiatan
Nilai Dasar
Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK)
Akuntabilitas
-          Tanggungjawab

Dalam mengikuti kegiatan tersebut saya akan menerapkan nilai tanggungjawab dengan teknik tepat waktu.

Nasionalisme
-          Pelaksana Kebijakan Publik
Dengan mengaktualisasikan pelaksana kebijakan publik akan saya lakukan dengan menggunakan teknik menjunjung tinggi kejujuran
Etika Publik
-          Kerjasamama

Dalam mengaktualisasikan nilai kerjasama dengan teknik koordinasi.
Komitmen Mutu
-          Efektif
-          Efisien
-          Mutu
-          Inovasi

Dalam mengikuti briefing dengan efektif, efisien, mutu dan inovasi saya akan menggunakan teknik PDCA.

Anti Korupsi
-          Berani

Dalam mengaktualisasikan nilai kejujuran akan dilakukan dengan teknik pelaporan





a.      Table 2.14 : Teknik Aktualisasi Nilai Dasar pada Kegiatan 7.
NO
Nilai Dasar dan Teknik Aktualisasi
Uraian Penggunaan Teknik Aktualisasi nilai dasar dan manfaatnya bagi pihak lain dan perwujudan visi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika

Akuntabilitas
Dengan teknik tepat waktu

Ketika saya melaksanakan tugas tersebut saya akan menerapkan teknik tepat waktu dengan langkah-langkah :
-          Sebelum melaksanakan tugas tersebut Saya akan mempelajari semua tentang alur proses dari RFK Onlie.
-          Saya akan memberikan bantuan kepada semua admin SKPD ketika mereka mengalami kendala
-          saya akan berkomitmen dalam menutup aktifasi input laporan setiap tangal 10 tiap bulannya..

Nasionalisme
Dengan teknik menjunjung tinggi kejujuran.
Dalam melaksanakan tugas tersebut saya menerapkan teknik saling menghormati dengan langkah-langkah :
-          saya akan memproses semua permintaan dari SKPD sesuai dengan kebutuhan.
-          saya akan menyampaikan informasi dengan sebenar-benarnya dalam fitur pemberitahuan secara online.
.
Etika Publik
Dengan teknik komunikasi efektif.






Saya akan melaksanakan tugas tersebut dengan menerapkan teknik komunikasi yang efektif dengan langkah-langkah :
-          Saya akan melayani pertanyaan tentang operasi system RFK baik secara langsung maupun melalui telpon.
-          Saya akan berkomunikasi secara sopan dan santun serta sabar saat melayani admin SKPD.
-          Saya akan tetap menjawab pertanyaan walaupun pertanyaan tersebut sama.

Komitmen Mutu
Dengan teknik berpikir Kreatif
Dengan beripikir kreatif dalam tugas tersebut saya akan melakukan dengan langkah-langkah :
Menemukan Masalah” saya akan mencermati apa yang menjadi permasalahan dalam RFK Online
Keinginan Memperbaiki” saya akan mnyimpulkan permasalahan.
“Mencari data dan Informasi” saya akan mereview arahan-arahan perubahan yang telah disampaikan oleh atasan.
“Menganalisa” dari arahan-arahan yang disampaikan atasan saya akan mencerna dan mengaplikasikan dalam melaksanakan tugas.
“Menghasilkan ide” saya akan memikirkan bagaimana saya tetap bisa melakukan pelayanan secara online dimanapun berada, dan menyiapkan sub-admin yang ditunjuk atasan untuk membantu menyelesaikan masalah,
“Menerapkan Ide” Pelayanan akan tetap berjalan walaupun saya tidak berada ditempat.

Anti Korupsi
Dengan teknik pelaporan
Dalam menjalankan tugas sebagai administrator RFK Online dengan teknik pelaporan dengan langkah-langkah :
-          Saya akan menyampaikan kepada atasan terkait permasalahan yang sering timbul.
-          Saya akan merekam rekapitulasi bulanan untuk sertiap SKPD.
-          Melaporkan setiap ada perubahan data baik yang dilakukan oleh admin SKPD maupun melalui administrator

Manfaat :
dalam melaksanakan tugas dengan menerapkan nilai-nilai dasar ANEKA akan mampu melayani dan menjalin hubungan dengan SKPD lain baik secara personal maupun secara organisasi.Pemecahan masalah yang timbul jika dilakukan dengan bijaksana akan berdampak positif bagi organisasi.




BAB III
AKTUALISASI

A.    Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.

Tabel 3.1 Laporan Kegiatan dalam Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.
Kegiatan
:
Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015.
Tanggal
:
9 November 2015
Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.1 Foto melakukan scan dokumen.
-          Gambar 3.2 Screen shoot pengetikan surat hibah.
Dalam mengetik surat keterangan pengajuan permohonan hibah prototype desa broadband dilakukan berdasarkan arahan yang berikan atasan dengan mengambil format yang diintruksikan oleh atasan melalui email dari kementerian, saya mengikuti arahan atasan dalam tugas ini untuk menyesuaikan data-data peralatan yang diajukan berdasarkan perjanjian kerjasama daerah dengan kementerian kominfo yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian hasil ketikan saya sampaikan keatasan untuk dilegalisasi.
Di dalam pelaksanaan tugas tersebut saya menggunakan peralatan komputer dan software yang umum digunakan, kemudian hasil dalam bentuk print-out dan telah ditanda tangani saya lakukan scanning untuk dijadikan arsip secara elektronik selain arsip konvensional. cara ini akan mengantisipasi jika terjadi hilangnya salinan pada arsip konvensional.



Gambar 3.1 : Melakukan scan dokumen sebagai arsip elektronik

Gambar 3.2 : Screen shoot pengetikan surat hibah prototipe desa broadband terpadu






B.     Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016.
Table 3.2 : Laporan Kegiatan dalam Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
Kegiatan
:
Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
Tanggal
:
10 November 2015
Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.3 Foto dokumen pendukung
-          Gambar 3.4 Foto saat melakukan perbaikan rencana kerja dan anggaran
Dalam melakukan perintah atasan untuk memperbaiki rencana kerja dan anggaran saya mengikuti arahan yang diberikan atasan, menggunakan data-data pendukung seperti Setandar biaya umum, daftar harga satuan barang, rekening belanja, serta peraturan-peraturan yang berkaitan dengan tugas tersebut.
Selanjutnya dalam memperbaiki rencana kerja dan anggaran saya menanamkan rasa kekeluargaan dan saling membantu serta saling menyampaikan informasi terbaru yang diberikan atasan seperti format yang digunakan, batasan-batasan maupun kebijakan yang diberikan.
Kemudian saya menyampaikan kepada sub-bagian perencanaan program hasil kegiatan yang diperbaiki.
Dalam memperbaiki rencana kerja anggaran saya mengumpulkan data-data pendukung sebagai acuan seperti standar biaya umum kabupaten, rekening belanja, peraturan-peraturan yang berhubungan dengan rencana kerja anggaran, membuat klasifikasi terhadap belanja langsung dan belanja tidak langsung. Selanjutnya saya melakukan pengecekan terhadap dokumen rencana anggaran tersebut dengan membandingkan rencana kerja anggaran yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk memudahkan dalam pekerjaan tersebut saya membuat klasifikasi belanja langsung dan tidak langsung dicetak untuk memudahkan dalam menyusun rencana kerja anggaran.
Dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam memperbaiki rencana kerja dan anggaran ini yaitu Pemendagri tentang pengelolaan keuangan daerah, standar biaya umum, standar barang dan jasa serta dokumen-dokumen pendukung lainya.
Kemudian Hasil perbaikan tersebut saya laporkan kepada atasan untuk diperiksa.



Gambar 3.3 : Melakukan perbaikan mengacu kepada dokumen pendukung.


Gambar 3.4 : Saat melakukan perbaikan rencana kerja dan anggaran tahun 2016




C.    Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo.
Table 3.3 : Laporan dalam Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo.
Kegiatan 3
:
Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo.
Tanggal
:
11 November 2015
Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.5 Foto bekerjasama saat melakukan pengecekan server
-          Gambar 3.6 Screen shoot pengumuman singkat
-          Gambar 3.7 Screen shoot webserver dalam keadaan normal.
Didalam melakukan pengecekan server saya lakukan ketika ada pengaduan dari pengguna maupun pengecekan rutin terhadap webserver dan mailserver, dalam pengecekan rutin saya memulai dengan pengecekan terhadap suhu ruangan yang ada pada temperature Air Contidioner, dalam pengecekan server saya berkoordinasi dengan rekan kerja, saya bersama rekan kerja menggunakan Laptop sebagai client untuk menguji koneksi jaringan lokal maupun internet, kemudian saya melakukan remote system terhadap server utama sebagai administrator menggunakan tools remote system dengan kabel dan rekan kerja saya melakukan koneksi dengan jaringan wifi, setelah berada didalam system administrator saya lakukan pengecekan terhadap trafik/lalulintas jaringan baik laman website maupun bandwidth internet, kemudian saya lanjutkan dengan pengecekan terhadap lalu lintas data yang berupaya masuk kedalam system tanpa izin.
Urutan yang saya lakukan dalam tugas ini adalah berdasarkan urutan yang ada pada form pengecekan server.
Dalam melakukan pengecekan saya lakukan pencatatan pada form isian sebagai rekam kondisi sever saat itu, jika ada kendala dalam performa maupun hal-hal yang dianggap tidak wajar terhadap server saya bersama rekan kerja langsung melakukan upaya penanganan saat itu juga, apabila penanganan memakan waktu yang lama maka sudah dipersiapkan pengumuman yang berbunyi “Mohon Maaf Server Sedang dalam Perbaikan” yang ditampilkan pada laman webserver.
Hasil dari pengecekan yang sudah tercatat dalam form akan saya arsipkan sebagai bahan untuk laporan.



Gambar 3.5 : Saat bekerjasama melakukan pengecekan server dishubkominfo



Gambar 3.6 : Screen shoot pengumuman singkat webserver ketika sedang maintenance



Gambar 3.7 : Screen Shoot webserver dalam keadaan normal

D.    Menerima Tugas dari Atasan untuk mengetik Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
Table 3.4 : Laporan dalam Menerima Tugas dari Atasan untuk mengetik Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional

Kegiatan
:
Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
Tanggal
:
9 November 2015
Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.8 Foto Hasil pengetikan surat keputusan
-          Gambar 3.9 Foto Melakukan scan dokumen sebagai arsip elektronik


Dalam mengetik surat keputusan saya lakukan berdasarkan Kegiatan yang akan dilaksanakan beserta draft yang disusun Kepala Bidang Kominfo Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kepulauan Meranti dan diintruksikan untuk megurutkan dasar-dasar peraturan berdasarkan tingkat lembaga/organisasi yang mengeluarkan, kemudian saya kumpulkan data-data yang berkaitan dengan kegiatan tersebut seperti Nomor rekening DPA, nama-nama yang akan dimasukkan dalam kepanitiaan kegiatan, peraturan-peraturan yang berkaitan, tanggal dikeluarkan Surat Keputusan serta menyusun kalimat redaksi sebaik mungkin, lalu dicetak dan disampaikan dalam bentuk hardcopy kepada Kepala Bidang untuk dikoreksi dan memperbaiki sesuai hasil koreksi, kemudian saya legalisasikan kepada Sekretaris Dinas, selanjutnya Surat Keputusan yang sudah ditandatangani saya scan untuk dijadikan arsip secara elektronik selain arsip konvensional.


Gambar 3.8 : Hasil pengetikan surat keputusan




Gambar 3.9 : Melakukan scan dokumen sebagai arsip elektronik

E.     Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional.
Tabel 3.5 : Laporan dalam Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional
Kegiatan
:
Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional
Tanggal
:
10 November 2015
Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.10 Foto Berkonsultasi dengan rekan kerja untuk memberikan usulan foto yang akan dipilih dalam mendesain banner.
-          Gambar 3.11 Foto Uji Coba rollbanner dibantu rekan kerja
Dalam mendesain banner dibutuhkan foto-foto kegiatan daerah yang bersifat kemasyarakatan, yang mencerminkan upaya-upaya dalam peningkatan perekonomian masyarakat untuk dipaparkan didalam desain banner dengan menggunakan aplikasi desain grafis. Untuk memperoleh data data-data dan foto kegiatan yang akan cantumkan kedalam banner, maka dalam hal ini dilakukan konsultasi, koordinasi dan kerjasama dengan pihak Instansi terkait seperti Bagian Humas Sekretariat Daerah untuk memperoleh data dan foto kegiatan yang dibutuhkan. Data maupun foto yang saya ambil adalah yang bernilai positif terhadap kabupaten serta mencerminkan nilai kebanggaan bagi pemerintah daerah maupun masyarakat, setelah foto-foto terkumpul saya konsultasikan kepada rekan kerja untuk memberikan usulan foto yang akan dimasukan dalam banner serta kalimat yang akan dimasukkan dalam banner. Kemudian saya lakukan desain dengan sebaik mungkin untuk menampilkan hasil yang maksimal, setelah desain banner selesai dan disetujui saya lanjutkan untuk dicetak. Sebelum banner dicetak saya perlihatkan kepada atasan untuk memilih beberapa alternatif desain yang sudah saya buat. Setelah selsesai pencetakan saya meminta bantuan kepada rekan kerja untuk uji coba pada rollbanner.



Gambar 3.10 : Berkonsultasi dengan rekan kerja untuk memberikan usulan foto yang akan dipilih dalam mendesain banner.

Gambar 3.11 : Uji Coba rollbanner dibantu rekan kerja.

F.     Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional.
Table 3.6 : Laporan dalam Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional
Kegiatan
:
Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional

Tanggal
:
10 November 2015

Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.12 Foto pengecekan barang dan perlengkapan.
-          Gambar 3.13 Foto Pemaketan barang produk lokal dan perlengkapan pameran Pekan Informasi Nasional

Dalam melakukan inventarisasi Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa dalam pameran Pekan Informasi Nasional adalah benar-benar sesuai kebutuhan kegiatan, Peralatan dan Perlengkapan tersebut adalah barang aset kantor dinas yang berada dibagian perlengkapan, pada hari pertama saya lakukan dengan pengecekan Peralatan dan Perlengkapan yang masih berada di ruang penyimpanan dan mencatat semua dalam bantuk list barang.
Catatan tersebut sebagai acuan untuk disampaikan kepada atasan terkait kondisi barang, untuk Peralatan dan Perlengkapan yang disetujui untuk dibawa saya buat dalam bentuk daftar secara detil, selain Peralatan dan Perlengkapan milik kantor, saya juga melakukan inventarisasi terhadap barang-barang produk lokal yang sudah ditentukan untuk dibawa, pada hari kedua dan ketiga semua Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa sudah lengkap sesuai daftar selanjutnya saya lakukan pemaketan barang serta bekerjasama dengan rekan anggota yang ditunjuk sebagai panitia kegiatan.


Gambar 3.12 : Pengecekan barang dan perlengkapan.






Gambar 3.13 :  Pemaketan barang produk lokal dan perlengkapan pameran Pekan Informasi Nasional









G.    Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online.
Table 3.7 : Laporan dalam Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online.

Kegiatan
:
Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online
Tanggal
:
9 - 20 November 2015
Daftar Lampiran
:
-          Gambar 3.14 Screen Shoot Administrator RFK.
-          Gambar 3.15 Screen Shoot Penanganan Kendala Perubahan Database
-          Gambar 3.16 Foto Melayani admin skpd untuk perbaikan database RFK
Didalam melaksanakan tugas sebagai Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online saya melaksanakan secara professional sesuai dengan keahlian yang saya miliki, tugas utama saya adalah mengaktifkan fiture input laporan yang sudag ditentukan pada tanggal 10 setiap bulannya, menutup fiture laporan bulanan, menyampaikan pengumunan secara missal ke seluruh admin SKPD jika ada hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi RFK, membuat user admin SKPD serta membantu dalam menangani masalah yang terjadi pada masing-masing admin SKPD, layanan yang berikan antara lain melalui kontak phone, maupun tatap muka. Setiap admin SKPD yang menemui kendala dalam mengoperasikan aplikasi tersebut saya berikan solusi, jika admin SKPD menemui kendala yang tidak bisa dilakukan oleh admin SKPD maka saya membantu secara secara remote system baik dalam memperbaiki data maupun merubah authentikasi admin.
Dalam membantu mengatasai kendala pada admin SKPD saya lakukan secara remote system maupun langsung di perangkat server RFK Online.

Gambar 3.14 : Screen Shoot Administrator RFK



Gambar 3.15 : Screen Shoot Penanganan Kendala Perubahan Database




Gambar 3.16 : Melayani admin skpd untuk perbaikan database RFK






BAB IV
DAMPAK DAN SOLUSI


A.  Dampak Bagi Organisasi.

a.       Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015, maka dokumen pertanggungjawaban dikahawitrkan berindikasi tidak akuntabel, tidak dapat dipertanggung jawabkan dan tidak akurat. Hal ini tentu mengganggu kelancaran jalannya kegiatan  dishubkominfo dan dapat meperlambat pencapaian visi misi organisasi.
b.      Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun, maka rencana kerja dan anggaran dishubkominfo tidak akan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat dalam pencapaian visi dan misi organisasi.
c.       Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo, maka penggunaan system informasi tidak akan berjalan dengan lancar dalam mendukung kinerja organisasi.  
d.      Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk mengetik Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasiona, maka dokumen pertanggungjawaban dikahawitrkan berindikasi tidak akuntabel, tidak dapat dipertanggung jawabkan dan tidak akurat. Hal ini tentu mengganggu kelancaran jalannya kegiatan  dishubkominfo dan dapat meperlambat pencapaian visi misi organisasi.
e.       Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional, maka target dan sasaran kegiatan tidak akan tercapai secara maksimal, penyeberan informasi dalam bentuk banner atau poster tidak dapat terlaksana.

f.       Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional, maka kegiatan pameran akan terkendala dan menemui masalah terutama ketika selesai pelaksanaan kegiatan, serta pertanggungjawaban terhadap peralatan dan perlengkapan tidak sempurna. Sehingga akan menimbulkan inkonsistensi dalam pencapaian kegiatan organisasi.
g.      Apabila nilai ANEKA tidak diterapkan dalam kegiatan menjalankan Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online, maka pelayanan terhadap permasalahan tidak akan maksimal dan akan menimbulkan masalah yang baru, hal ini akan menghambat dalam pelaporan realisasi fisik dan keuangan SKPD.

B.     Solusi

Solusi yang dapat dilakukan untuk menghindari hal-hal diatas adalah dengan menimbulkan kesadaran akan nilai-nilai dasar ANEKA didalam jiwa individu ASN. Dengan adanya Diklat Pra Jabatan dengan menamkan nilai ANEKA ini diharapkan bisa menjadi insan yang membuat suatu perubahan  di dalam lingkungan kerja untuk tercapainya Visi dan Misi Organisasi. Dengan tercapai Visi misi organisasi, maka Visi Misi Daerah juga akan tercapai.




BAB V
RENCANA AKSI DAN KOMITMEN

A.    Rencana Aksi
Tabel 5.1 Rencana Aksi
No.
Nilai Dasar
Teknik
1.
Akuntabilitas
1.    Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 saya menggunakan teknik check in re-check
2.    Pada kegiatan Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 saya menggunakan teknik cross check
3.    Pada kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo saya menggunakan teknik check in re-check
4.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik cross check
5.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik visualisasi.
6.    Pada kegiatan menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik check in re-check.
7.    Pada kegiatan Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) saya menggunakan teknik tepat waktu.
2.
Nasionalisme
1.      Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 saya menggunakan teknik kolaborasi.
2.    Pada kegiatan Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik Teknik Motivasi
3.    Pada kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo dengan teknik koordinasi.
4.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik koordinasi
5.      Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional Dengan mengaktualisasikan nilai Kerjasama
6.    Pada kegiatan menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik gotong royong
7.    Pada kegiatan Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik menjunjung tinggi kejujuran.
3.
Etika Publik
1.      Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 dengan teknik komunikasi efektif.
2.    Pada kegiatan Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik koordinasi.
3.    Pada kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo dengan teknik pengumunan.
4.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik komunikasi efektif
5.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional dengan teknik komunikasi efektif.
6.    Pada kegiatan menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik komunikasi efektif.
7.    Pada kegiatan Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik koordinasi.
4.
Komitmen Mutu
1.      Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 dengan teknik PDCA
2.    Pada kegiatan Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik PDCA.
3.    Pada kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo dengan teknik PDCA.
4.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional saya menggunakan teknik PDCA
5.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional dengan teknik PDCA.
6.    Pada kegiatan menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik PDCA.
7.    Pada kegiatan Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik berfikir kreatif
5.
Anti Korupsi
1.      Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015 dengan teknik pelaporan
2.    Pada kegiatan Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016 dengan teknik imajinasi.
3.    Pada kegiatan Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo saya menggunakan teknik simbolisasi dengan teknik pelaporan.
4.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional transparansi dengan teknik check in –recheck.
5.    Pada kegiatan Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional dengan teknik pelaporan
6.    Pada kegiatan menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional dengan teknik pelaporan
7.    Pada kegiatan Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) dengan teknik pelaporan.





B.     Komitmen

KOMITMEN MELAKSANAKAN RENCANA AKSI

Pada hari ini ……. Tanggal … bulan ….. tahun 2015 saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama              :    Amat Safi’i, M.Kom
Instansi           :    Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
Pekerjaan        :    Pranata Komputer

Mempunyai komitmen untuk melaksanakan Rencana Aksi yang saya buat ini di tempat instansi saya bekerja yaitu :
1.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Menerima Tugas dari Atasan untuk Mengetik Surat Keterangan Pengajuan Permohonan Hibah Prototipe Desa Broadband Terpadu tahun 2015
2.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Menerima perintah atasan untuk memperbaiki Rencana Kerja dan Anggaran Bidang Kominfo pada Salah Satu Kegiatan Tahun 2016
3.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Melakukan Pengecekan Server dishubkominfo
4.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Menerima Tugas dari Atasan untuk membuat Surat Keputusan (SK) Tentang Kepanitiaan Pekan Informasi Nasional
5.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Menerima Tugas dari Atasan Untuk Mendesain Banner untuk Kegiatan Pekan Informasi Nasional.
6.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Ditugaskan untuk Menginventarisasi serta menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan yang akan dibawa pada Kegiatan Pameran dalam Pekan Informasi Nasional


7.         Nilai Dasar   : Akuntabilitas, Nasionalisme, Komitmen Mutu, Etika Publik dan Anti Korupsi
       Kegiatan       : Melaksanakan Tugas Administrator Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) Online
Demikianlah komitemen Nilai Dasar ini saya buat tanpa tekanan dari siapapun.

Selatpanjang,    November 2015
Yang Mempunyai Komitmen




Amat Safi’i, M.Kom
           






BAB VI
PENUTUP

A.    Kesimpulan
            Melalui Diklat Prajabatan Pola Baru ini, diharapkan Aparatur Sipil Negara kedepannya dapat mengaktulisasikan  nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi. Nilai-nilai dasar ANEKA tadi juga diharapkan dapat membentuk karakter pribadi PNS menjadi Apartur Sipil Negara yang handal, Profesional, berintegritas, jujur, beretika dan selalu berinovasi dalam melaksanakan pekerjaan.

B. Saran
            Semoga untuk pelaksanaan pendidikan dan latihan diberikan waktu yang lebih luas dalam membuat rancangan dan aktualisasi agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.









No comments: